Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika SMA Negeri 1 Tondano

Authors

  • Septima Marbun Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Jorry F. Monoarfa Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Derel F. Kaunang Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/axi.v7i2.1397

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui peneliti saat melakukan observasi dan wawancara di SMA Negeri 1 Tondano yang masih menggunakan model pembelajaran langsung yang membuat siswa pasif dan masih ada nilai  yang rendah dari rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Tondano pada materi tentang limit fungsi aljabar dengan penerapan model Discovery Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 29 dan 23 siswa. Hasil penelitian posttest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,18 sedangkan  kelas kontrol adalah 72,74. Berdasarkan analisis uji statistik hasil belajar siswa (uji-t) diperoleh nilai . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Tondano materi limit fungsi aljabar pada penerapan model Discovery Learning dengan model pembelajaran langsung. Dengan selisih rata-rata hasil belajar sebesar 4,29.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Marbun, S., Monoarfa, J. F., & Kaunang, D. F. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 90–96. https://doi.org/10.56013/axi.v7i2.1397

Issue

Section

Articles