The Analysis of Student Learning Difficulties With Differences in Learning Outcomes Value in Elementary Linear Algebra

Authors

  • Fury Styo Siskawati Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/axi.v4i2.456

Abstract

Abstrak

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulita belajar mahasiswa dengan nilai hasil belajar tinggi pada mata kuliah aljabar linier elementer, mendeskripsikan kesulita belajar mahasiswa dengan nilai hasil belajar sedang pada mata kuliah aljabar linier elementer, mendeskripsikan kesulita belajar mahasiswa dengan nilai hasil belajar rendah pada mata kuliah alajabar linier elementer. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa dengan tingkatan nilai yang berbeda. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi, dimana untuk menguji kredibilitas data digunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Mahasiswa dengan tingkatan nilai tinggi memiliki kesulitan belajar pada tahapan melakukan analisis, dan sintesis. Mahasiswa dengan tingkatan nilai sedang  memiliki kesulitan belajar pada tahapan melakukan analisis, sintesis dan melakukan penilaian. Mahasiswa dengan tingkatan nilai rendah memiliki kesulitan belajar pada tahapan pemahaman, analisis, sintesis dan melakukan penilaian

Kata kunci: kesulitan belajar, aljabar linier elementer                                               

 

Abstrack

 

The purpose of the research is to describe students' learning difficulties with high learning outcomes in elementary linear algebra courses, describe students' learning difficulties with moderate learning outcomes in elementary linear algebra courses, and describe students' learning difficulties with low learning outcomes in elementary linear algebra courses. This type of research is a descriptive study with qualitative research. The subjects of this study were 3 students with different grades. Data collection methods used consisted of test, interview and documentation methods, while for verification of data credibility time triangulation was used. The research results obtained are students with high grades who have learning difficulties at the stage of conducting analysis, and synthesis. Students with grades are moderate difficulties in analyzing, synthesizing and doing assessments. Students with low grades have difficulty learning at the stage of understanding, analysis, synthesis and doing renewal

Keywords: learning difficulties, linear algebraic elementary

 

References

Dalyono. (2009). Psikologi pendidikan. Semarang: PT. Rineka Cipta

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Medan: Jurnal Dedaktik Matematika

Kumalasari, Ade, dkk. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah. Yogyakarta: JRPM

Westwood, P. (2008). What teacher need to know about learning difficulties. Melbourne: The Australian Council For Education Risearch

Winanda (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Surabaya: UNESA

Downloads

Published

2019-07-09

How to Cite

Siskawati, F. S. (2019). The Analysis of Student Learning Difficulties With Differences in Learning Outcomes Value in Elementary Linear Algebra. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.36835/axi.v4i2.456

Issue

Section

Articles