Penerapan Model RCCDE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga di Smp 01 Islam Jember

Authors

  • Jamaliyah Universitas Islam Jember
  • Siti Roudlotul Hikamah Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Umi Nurjanah Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.756

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah, dimana siswa tidak memiliki semangat dan motivasi untuk belajar  dan nilai hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM, terutama pada saat ulangan harian. Jenis penelitian ini menggunakan PTK, dengan pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang berasal dari tes kognitif hasil belajar siswa. Dengan nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 76. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif siswa sejumlah 81, maka terjadi peningkatan sejumlah 5%. Penerapan model menggunakan model RCCDE (Reading Concept Map Connection   Discussion Evaluation) melalui media alat peraga sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat membantu dalam keberhasilan proses pembelajaran.

Kata kunci: Alat peraga, Hasil belajar, Model RCCDE.

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

Jamaliyah, J., Hikamah, S. R. ., & Nurjanah, U. . (2020). Penerapan Model RCCDE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga di Smp 01 Islam Jember. JURNAL BIOSHELL, 9(1), 21–26. https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.756

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>