Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation (RCCDE) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Deri isro'i Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Siti Roudlotul Hikamah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember
  • Umi Nurjanah Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.778

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation (RCCDE) terhadap Hasil Belajar Siswa, dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A eksperimen dan kelas VIII B kontrol di SMP Islam kasiyan-puger, dengan teknik Quasi Eksperimen. Analisis data menggunakan uji normalitas dan independen sampels t test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan uji normalitas dengan nilai 0,084 pada pre test dan 0,131 pada post test > 0,05. Pada uji independen sampels t test dengan nilai 0,030 maka < 0,05. Sehingga disimpulkan ada pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti penggunaan model pembelajaran RCCDE berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
kata kunci: model pembelajaran RCCDE, hasil belajar, sistem pencernaan

Downloads

Published

2020-10-25

How to Cite

isro’i, D. ., Roudlotul Hikamah, S. ., & Nurjanah, U. . (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation (RCCDE) Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL BIOSHELL, 9(2), 41–45. https://doi.org/10.36835/bio.v9i2.778

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2