REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSEPEKTIF TOKOH NAQUIB AL- ATTAS

Authors

  • Dr Jasuli

Abstract

Pendidikan Islam sering hanya difahami sebagai pemindahan pengetahuan knowledge dan nilai-nilai values ajaran Islam yang tertuang dalam teks-teks agama, sedangkan ilmu-ilmu sosial social sciences guestiswissenchaften dan ilmu-ilmu alam nature sciences/naturwissenchaften dianggap pengetahuan yang umum sekuler. Padahal Islam tidak pernah mendikotomikan memisahkan dengan tanpa saling terkait antara ilmu-ilmu agama dan umum. Semua ilmu dalam Islam dianggap penting asalkan berguna bagi kemaslahatan umat manusia. Pendidikan terutama Islam dengan berbagai coraknya berorientasi memberikan bekal kepada manusia peserta didik untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, semestinya pendidikan Islam selalu diperbaharui konsep dan aktualisasinya dalam rangka merespon perkembangan zaman yang selalu dinamis dan temporal, agar peserta didik dalam pendidikan Islam tidak hanya berorientasi pada kebahagiaan hidup setelah mati eskatologis tetapi kebahagiaan hidup di dunia juga bisa diraih.

Downloads

Published

2013-03-02

Issue

Section

Articles