Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengenalan Strategi Marketing Pada Siswa SMK Al Ikhwaniyah Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Authors

  • Beby Dwi Febriyanti Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Rijal Fauzan Abdilah Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Muhammad Sulton Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Agus Mahdi Amin Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Bima Satrya Nurul Fatah Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Fahrizal A'bidin Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jak.v2i2.1657

Keywords:

Pelatihan, digital marketing, strategi marketing, SMK Al Ikhwaniyah

Abstract

Perkembangan internet kini banyak memberi kemudahan di kehidupan manusia. Hampir seluruh aktivitas manusia selalu menggunakan internet, mulai dari keperluan komunikasi hingga pendidikan, termasuk urusan pekerjaan. Informasi tersebar cukup cepat dengan internet dan berbagai platform media penunjang. Dengan kemudahan ini, tidak semua orang dapat memanfaatkan internet dengan baik. Kebanyakan anak muda menggunakan internet sekadar untuk hiburan. Padahal jika dengan bijak digunakan, akan memberi dampak baik salah satunya sebagai media belajar berwirausaha dan pemasarannya. SMK merupakan sekolah yang mempersiapkan siswanya untuk memiliki skill siap kerja sesuai dengan bidang ilmunya. Tidak sedikit lulusan SMK menjadi pengusaha sukses. Oleh sebab itu, digital marketing sebagai strategi perlu dikenalkan di siswa SMK, khususnya dalam hal ini adalah SMK Al Ikhwaniyah yang sebelumnya memang belum pernah mengadakan penyuluhan ini. Tujuan kegiatan ini adalah siswa SMK mengenal manfaat internet sebagai sarana digital untuk memasarkan produk, jasa, ataupun hal lain dan membangkitkan motivasi berwirausaha sejak dini.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Febriyanti, B. D., Abdilah, R. F. ., Sulton, M., Amin, A. M. ., Fatah, B. S. N., & A’bidin, F. . (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengenalan Strategi Marketing Pada Siswa SMK Al Ikhwaniyah Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 65–76. https://doi.org/10.56013/jak.v2i2.1657

Issue

Section

Articles