Pengaruh Sikap dan Sosial Budaya terhadap Kejadian Unmet Need pada WUS

Authors

  • Latifah Hanum Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/jurnalmidz.v2i2.515

Abstract

KB adalah kebutuhan pemakaian kontrasespsi yang tidak terpenuhi. Wanita usia reproduktif yang tidak memakai kontrasepsi apabila ingin mengatur jarak kehamilan dan tidak menginginkan hamil lagi dalam waktu dua tahun yang akan datang dan tidak memakai KB. Tujuan dari penelitian ini yaitu pengaruh sikap dan sosial budaya terhadap kejadian unmet need pada WUS di kabupaten Jember. Desain yang diteliti akan memakai analitik observasional yaitu desain penelitian Cross sectional. Sebagian responden akan diambil dan diteliti yaitu 382 Wanita pasangan usia subur. data penelitian ini menggunakan Regresi logistic. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mengunakan tehnik multistage random sampling. Hasil yang akan diteliti menghasilkan dan didapatkan bahwa terdapat pengaruh sikap dan sosial budaya pada kejadian unmet need pada WUS. sikap, memiliki nilai (p = 0.000), sosial budaya yaitu nilai (p = 0.000).

 

Kata Kunci: Sikap, dan Sosial Budaya

References

Anugrahah S. 2016. Program KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi), Tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang alat kontrasepsi KB IUD. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Budisantoso. 2008. Tesis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Pria dalam Keluarga Berencana di Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul Tahun 2008. Semarang: Universitas Diponegoro.

DP3AKB Kabupaten Jember.2017. Pelayanan Kontrasepsi 2016 Kabupaten Jember. Jember: DP3AKB.

Ekarini, S., M.. 2008. Thesis Analisis faktor Yang Berpengaruh terhadap Partisipasi pria dalam KB di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Semarang: FKM Universitas Diponegoro.

Febrina D.P, Thohirun, Baroya N. 2017 Hubungan antara Otonomi wanita dan pendapat pada layanan KIE kontrasepsi yaitu KB yang tidak terpenuhi pada wanita usia reproduktif Kabupaten Jember Epidemiologi dan Biostatistika Kependudukan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember e-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5, (No. 2).

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Hanum, L. (2019). Pengaruh Sikap dan Sosial Budaya terhadap Kejadian Unmet Need pada WUS. Jurnal MID-Z (Midwivery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan, 2(2), 70–72. https://doi.org/10.36835/jurnalmidz.v2i2.515

Issue

Section

Artikel