Peranan Motivasi Belajar Terhadap Aktifitas Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.56013/jpka.v7i2.1162Abstract
Motivasi memiliki peranan yang penting dalam suatu proses belajar mengajar, terutama dalam peningkatan kualitas hasil belajar, dan dalam rangka meningkatkan kemauan dan keinginan belajar bagi peserta didik. Motivasi merupakan factor penentu apakah peserta didik akan berhasil dalam proses belajar mengajarnya ataupun akan menemukan kegagalan tergantung dari motivasi yang dimilikinya. Demikian juga dalam hal aktifitas belajar, karena aktifitas belajar adalah merupakan aktifitas yang memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar atau kualitas pembelajaran. Aktifitas belajar siswa dan motivasi siswa merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dalam rangka kelangsungan proses belajar mengajar, motivasi bertujuan untuk memberikan semangat dan dorongan kepada peserta didik agar mampu dan mau menjalankan aktifitasnya sebagai seorang pelajar. Dalam penelitian ini dibagi dua bagian, bagian pertama tentang kajian teori, bagian yang kedua membahas hasil empiris. Pembahasan teoritis merupakan pembahasan melalui studi kepustakaan, sedangkan pembahasan empiris diperoleh dari pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, interview, dan dokumenter. Sedangkan penentuan sampel dengan tehnik proporsional random sampling dari data yang diperoleh, diuji dengan menggunakan analisa data statistik dengan menggunakan rumus prosentase. Adapun kesimpulan yang diperoleh adalah Peranan motivasi terhadap aktifitas belajar siswa dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil yang baik. Dengan perolehan angka prosentasi Motivasi ekstrinsik 74.8% dan motivasi instrinsik 85 % maka sama dengan 79.9 % dan aktifitas belajar di sekolah 76.4% dan aktifitas dirumah 80.8%, maka sama dengan 78.6 % sehingga 79.25 yang berarti baik.
Kata Kunci: Motivasi; Aktivitas; Belajar Siswa;
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.