Wacana Mahasiswa Universitas Islam Jember dalam Penggunaan Media Sosial Facebook

Authors

  • Ahmad Fauzi

Abstract

Fenomena keterbukaan atau pengungkapan diri seakan menjadi hal yang biasayang dilakukan mahasiswa Universitas Islam Jember melalui media Sosial Facebook. Facebook sebenarnya diciptakan serta diharapkan sebagai media komunikasi positif, ternyata telah memberikan dampak negatif bagi beberapa kalangan terutama kaum muda di Universitas Islam Jemberbahkan, kaum muda Indonesia umumnya. Hal itu dibuktikan oleh beberapa kasus yang sering terjadi, baik berupa penculikan, perkosaan dan sebagainya dengan latar belakang perkenalan melalui Facebook.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, berupa update status facebook objek peneliti. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif denganmenggunakan metodeanalisisdeskriptif.Dimanadatayangtelah terkumpul kemudian dianalisissecaranonstatistic, dengan dataprimer sebagai sumberdatautamadan sumberdatasekunder sebagaisumberdatapendukung. Yaknianalisisuntukmengungkapkan gagasanpemikirantokohyang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapatdanpemikirantokohyangditeliti.

Kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian ini, yaitu mahasiswa Universitas Islam Jember cenderung menggunakan wacana intelektual untuk memenuhi kebutuhan afiliasi semata. Karena pada dasarnya pengguna facebook berbeda dengan kehidupan dunia nyata, besar harapannya bahwa pengguna media sosial facebook membutuhkan pergaulan dengan orang lain. Dengan menggunakan media sosial facebook, pengguna mengharapkan dapat mencari solusi terkait dengan wacana yang diangkat dalam facebook, tempat kritik dan saran, mencari dukungan, mencari popularitas, serta mencari informasi.

References

Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2002. Metodologi penelitian. Jakarta : LKiS.

Djajasudarma, Fatimah. 1993. Semantik 1 Pengantar Ke Arah Ilmu Makna. Bandung: Eresco.

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media, Yogyakarta : LKiS.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Norman, Fairclough. 1991 Media Wacana. Alih bahasa oleh Edward Arlnold, London : Edward Pers.

Raudhatul Jannah, Siti.2013, Filantropi Komunal Tren Baru Jejaring Sosial Facebookers, Jember: STAIN Pers.

Sumarlam, dkk. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra Surakarta.

http://sawali.info/2009/03/23/blog-facebook-dan-keajaiban-dunia-virtual/

Downloads

Published

2022-06-08

Issue

Section

Articles