Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Menggunakan Strategi Tebak Kata Pada Siswa Kelas IV MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember

Authors

  • Ayu Lutfiah Afhani Universitas Islam Jember
  • Maria Ulfa Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v7i1.1486

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa krama menggunakan strategi tebak kata kelas IV MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek peneliti ini, peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi. Data dianalisis menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles Huberman. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah pada tahap persiapan, dimulai dari mempelajari KD bahasa Jawa kelas IV, menentukan KD berbicara yang sesuai untuk proses pembelajaran, melakukan pemilihan strategi yang sesuai dan peneliti menetapkan strategi tebak kata untuk pembelajaran berbicara, membuat rancangan alur pembelajaran menggunakan strategi tebak kata, menyiapkan bahan/ media pembelajaran sebagai pendukung strategi tebak kata, menyusun RPP lengkap dengan KD, menentukan dan menyusun penilaian yang sesuai dengan keterampilan berbicara dengan strategi tebak kata. Sedangkan proses pelaksanaannya terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti yaitu menggunakan tebak kata berdasarkan bahan bacaan yang dirancang dengan permainan dan pemberian reward, hingga kegiatan penutup. Simpulannya strategi tebak kata dapat mendorong dan memotivasi siswa untuk mau belajar menggunakan bahasa Jawa Krama.

Key Words : Keterampilan berbicara, bahasa Jawa Krama, Strategi, Tebak Kata

Published

2024-01-21

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar