http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/issue/feed Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2021-01-13T10:35:10+07:00 Muhammad Ilyas jurnalalashr21@gmail.com Open Journal Systems <p>AL-ASHR is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah Jember Islamic of University with e-ISSN 2808-3954 and P-ISSN 2502-8383 . This journal is published twice a year in June and December. Furthermore, this journal is published in two versions, namely print and online. The focus of this journal contains articles on research on Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Primary / MI / SD Teacher Education, such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research results. Reviewers will review any submitted paper. Review process employs a double-blind review.</p> http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/864 PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI BUSTANUL ULUM BANGSALSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016-2017 2021-01-11T14:50:28+07:00 Luluk Mashluchah mashluchahluluk@gmail.com Dewi Hanum Afkarina dewihanumafkarina@gmail.com <p>Abstrak: Penggunaan Media Gambar dalam proses belajar mengajar<br />berperan penting karena mempunyai maksud dan tujuan yang penting<br />pula, yaitu untuk memberikan bantuan yang menstimulai cara berfikir<br />dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik, sebagai<br />perantara sebuah pesan dari sumber atau pengirim untuk sampai<br />kepada penerima pesan dimana perantara tersebut harus dapat<br />merangsang pikiran, perasaan, perhatian penerima pesan (secara<br />umum) dan siswa (secara khusus) untuk belajar dan berfungsi untuk<br />mempercepat penyerapan pesan dengan maksud untuk mencapai<br />tujuan tertentu, khusunya untuk mencapai tujuan pembelajaran.<br />Berdasar kepada realita yang ada di MI , maka peneliti tertarik untuk<br />mengangkat tema “Penggunaan media gambar dalam upaya<br />meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI . Tujuan yang kami<br />angkat dalam skripsi ini adalah, bagaimana pelaksanaan penggunaan<br />media gambar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Bahasa<br />indonesia di MI Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang<br />digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.<br />Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,<br />interview dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi<br />data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data<br />menggunakan trianggulasi sumber.<br />Key Words: Media gambar, Prestasi belajr, Bahasa Indonesia,</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/891 PEMBINAAN MENTAL ROHANI KEAGAMAAN ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAQUL KARIMAH PADA PRAJURIT YONIF 509/BY/9/2 KOSTRAD JEMBER 2021-01-12T15:04:40+07:00 A. Aflach aflachwildani@gmail.com <p>Karakter yang baik melahirkan perilaku yang produktif<br>(productive behaviour).Perilaku produktif adalah perilaku yang dapat<br>mengembangkan diri, menjaga, meningkatkan kualitas kepribadian serta<br>hubungan baik dengan sesame, komunitas masyarakat, alam dan<br>tuhan.Jika memiliki karakter, biasanya seseorang juga membekali diri<br>sendiri dengan kecakapan-kecakapan kemampuan, kompetensi serta<br>profesionalitas dalam bidang kerja. Maka ia juga mampu bekerja dengan<br>menghasilkan suatu kinerja yang optimal dan maksimal. Oleh sebab itu<br>orang tersebut juga dapat diandalkan (reliable) kemampuan kerjanya</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/898 MPLEMENTASI MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUATAN MUFRODAT (KOSAKATA BAHASA ARAB) PADA SISWA KELAS III MI BUSTANUL ULUM KEMIRI 01 KECAMATAN PANTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 2021-01-13T09:57:18+07:00 Raudatul raudatuljannah1606@gmail.com <p>Pembelajaran menggunakan media gambar sebagai upaya<br>peningkatan penguatan mufrodat (kosakata Bahasa Arab) siswa kelas III<br>MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember yang<br>terjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisi data, kesimpulan yang diperoleh<br>dalam pengkajian ini adalah nilai rata-rata kelas Ulangan Harian pra siklus<br>yaitu 43 %. Sedangkan pada siklus I nilai rata – rata kelas yaitu 65 %, dan<br>pada siklus ke II terjadi peningkatan nilai rata – rata kelas yaitu 87 %.<br>Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi media gambar<br>dapat meningkatkan penguatan mufrodat (kosakata bahasa arab) siswa<br>kelas III MI Bustanul Ulum Kemiri 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember.</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/899 UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH SISWA 2021-01-13T10:09:35+07:00 Indra indrasetiaw187@gmail.com <p>Guru adalah salah satu di antara faktor pendidikan yang<br>memiliki peranan yang paling srategis, sebab gurulah sebetulnya pemain<br>yang paling menentukan di dalam terjadinya proses belajar<br>mengajar.Dalam proses belajar mengajar, guru mempuyai tugas untuk<br>mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk<br>mencapai tujuan. Guru mempuyai tanggung jawab untuk melihat segala<br>seseatuyang terjadi dalam kelas untuk membantu perkembangan siswa.<br>Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari<br>berbagai kegiatan dalam belajar sebagai salah satu proses yang dinamis<br>dalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Fokus penelitian ini<br>mengangkat masalah umum yaitu upaya guru PAI dalam menanamkan<br>kebisaaan shalat dhuhur berjamaah siswa. Fokus masalah: 1) Bagaimana<br>upaya guru PAI dalam perencanaan menanamkan kebiasaan shalat dhuhur<br>berjamaah siswa 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam pelaksanaan<br>menanamkan kebiasaan shalat dhuhur berjamaah siswa 3) Bagaimana<br>upaya guru PAI dalam evaluasi kebiasaan shalat dhuhur berjamaah.<br>Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, Adapun jenisnya deskriptif.<br>Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview,<br>dokumentasi . Teknik analisa datanya menggunakan reduksi data,<br>penyajian data dan verifikasi data. Teknik penentuan informan<br>menggunakan purposive, keabsahan data menggunakan triangulasi<br>sumber. Hasil penelitian menunjukan, bahwa secara umum upaya guru<br>PAI dalam menanamkan kebiasaan shalat dhuhur berjamaah siswa<br>berjalan dengan baik, baik dalam perencanaan di buktikan adanya<br>pembekalan terhadap siswa tentang tata cara shalat yang benar di dalam<br>kelas, di dalam pelaksanaan di buktikan dengan adanya jadwal shalat<br>berjamaah terorganisir, di dalam evaluasi di buktikan adanya evaluasi<br>rutin yang di lakukan dewan guru setiap kali di adakan rapat. Maka dapat<br>di simpulkan bahwa upaya guru PAI dalam menanamkan kebiasaan shalat<br>dhuhur berjamaah berjalan dengan baik</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/900 HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER 2021-01-13T10:17:32+07:00 Kurnaini kurnayni@gmail.com <p>Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kondisi<br>kelas dengan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada masalah: 1.<br>Bagaimanakah hubungan kondisi kelas dengan motivasi belajar siswa. 2.<br>Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan motivasi intrinsik<br>belajar siswa. 3. Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan<br>motivasi ekstrinsik belajar siswa. 4. Bagaimanakah hubungan kondisi non<br>fisik kelas dengan motivasi intrinsik belajar siswa. 5. Bagaimanakah<br>hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa.<br>Dengan menggunakan tehnik analisa data kuantitatif Yule’s Q, maka<br>diperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, Terdapat hubungan kondisi kelas<br>dengan motivasi belajar siswa. Kedua, Terdapat hubungan kondisi fisik<br>kelas dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa. Ketiga.<br>Terdapat hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi intrinsik dan<br>ekstrinsik belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1.<br>Siswa-siswi hendaknya menjaga dan memelihara kelas dan lingkungan<br>sekolahnya dengan baik karena secara signifikan kondisi kelas yang bersih<br>ada pengaruhnya dengan motivasi belajar siswa. 2. Sebagai masyarakat<br>sekolah, seorang siswa atau siswi hendaknya lebih disiplin lagi dalam<br>mematuhi peratuhan disekolah seperti tidak membuang sampah<br>sembarangan, mencorat-coret dinding sekolah, dan lainnya. 3. Motivasi<br>juga sangat perlu ditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi,<br>akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak. 4. Pihak sekolah juga<br>harus memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh siswa-siswi<br>untuk mempermudah proses pembelajaran guna mendukung atau<br>memotivasi kegiatan yang dilakukan siswa-siswi disekolah</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/901 PENGARUH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KESOPANAN SISWA KELAS VII DI MTs SATU ATAP (SA) MIFTAHUL ULUM PANTI JEMBER 2021-01-13T10:26:42+07:00 bahtiar bahtiqrrifqi536@gmail.com <p>Dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan manusia bisa<br>merasakan manfaatnya, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa,<br>dari yang tidak tahu menjadi tahu, maka tanpa adanya pendidikan<br>pastibtaraf kedewasaannya tidak akan tercapai, dan pa sti akan<br>berakibat pada tingkah laku manusia tersebut, apalagi dalam<br>pendidikan akhlak, apabila seseorang memiliki akhlak yang baik<br>pasti seseorang tersebut telah menerapkan adab kesopanan dalam<br>kehidupan sehari-hari.Adapun pokok permasalahan dalam<br>penilitian ini adalah pengaruh mata pelajaran aqidah akhlak<br>terhadap kesopanan siswa kelas VII di MTs. SA Miftahul Ulum<br>Kecamatan Panti Kabupaten Jember</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/902 POLA INTERAKSI KYAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PESANTREN ASH-SHIDDIQI PUTRI TALANGSARI KALIWATES JEMBER 2021-01-13T10:35:10+07:00 Suhartina zaenal240296@gmail.com <p>: Interaksi adalah kebutuhan manusia dalam mempertahankan<br>kelangsungan hidup, hampir tidak mungkin seseorang dapat menjalani<br>hidupnya tanpa berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan deskripsi di<br>atas, maka pokok permasalahan dalam artikel ini bagaimana pola interaksi<br>kyai dan santri dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren AshShiddiqi putri Talangsari Kecamatan Kaliwates Jember. Penelitian ini<br>merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pesantren AshShiddiqi putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik<br>pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan<br>dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan<br>penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pola<br>pendidikan yang digunakan dalam pembentukan pribadi bagi santri dalam<br>penelitian ini adalah dengan menggunakan pembentukan pola hubungan<br>baik, yaitu pola yang digunakan dalam pembiasaan berhubungan antara<br>kyai dengan santri dan hubungan antara santri dengan santri dalam<br>menanamkan nilai-nilai karakter (aqidah, ibadah dan akhlak) yaitu<br>membentuk santri menjadi manusia yang memiliki kedewasaan ilmu,<br>wawasan, perilaku dan sikap</p> 2023-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar