https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/issue/feed Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2024-01-21T15:49:24+07:00 Muhammad Ilyas jurnalalashr21@gmail.com Open Journal Systems <p>AL-ASHR is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah Jember Islamic of University with e-ISSN 2808-3954 and P-ISSN 2502-8383 . This journal is published twice a year in June and December. Furthermore, this journal is published in two versions, namely print and online. The focus of this journal contains articles on research on Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Primary / MI / SD Teacher Education, such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research results. Reviewers will review any submitted paper. Review process employs a double-blind review.</p> https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1607 PENERAPAN METODE BIN-NADLAR DAN BIL-GHOIB DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN 30 JUZ 2022-08-22T17:30:19+07:00 Luluk Mashluchah mashluchahluluk@gmail.com <p>Al-qur’an diturunkan untuk menjadi undang-undang bagi umat manusia. Al-Qur’an memperkenalkan dirinya dengan berbagai sifat. Salah satu sifatnya adalah keontentikannya dijamin langsung oleh Allah. Maka dari itu ia terus dibaca oleh jutaan bahkan ribuan orang meski tidak tau dalam maknanya. Banyak kalangan yang telah melestarikan al-Qur’an dengan cara menghafalnya, baik remaja, anak-anak, maupun orang dewasa. Dan tidak ada bacaan yang sempurna selain al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab yang teratur dalam membacanya, dari yang harus dibaca pendek, panjang, tebal, juga tempat yang dilarang atau bahkan dianjurkan dalam memulai membacanya. Dan terdapat banyak janji Allah agar dapat hidup bahagia dunia akhirat bagi para penghafalnya sehingga menjadi impian setiap insan untuk menjadi penghafal al-Qur’an dengan baik dan benar.</p> 2024-01-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1488 APPLICATION OF SCRAMBLE LEARNING MODEL ON CLASS V AQIDAH AKHLAK SUBJECTS IN MI MIFTAHUL ULUM WIROWONGSO AJUNG JEMBER 2022-06-30T15:16:34+07:00 Ahmad Halid khalidghunung@gmail.com Muhammad Ilyas ilyasalmaduri@gmail.com <p>A model is a description of something that can clarify the various relationships between the elements in the model. In the world of education there are learning models that are used as a reflection in implementing learning in the classroom. A learning model is a guideline in the form of a program or teaching strategy guide designed to achieve a learning goal, and most importantly to create interesting and meaningful learning, such as a scramble learning model. In this research, the focus of the problem is to understand the application of scramble learning model in class V moral beliefs in MI Miftahul Ulum Wirowongso and find out whether the application of scramble learning model in class V moral beliefs can improve learning outcomes in MI Miftahul Ulum Wirowongso. This study uses a descriptive qualitative approach, data collection is done using observation methods, interviews and documentation. While the determination of informants or sources used purposive sampling technique. The collected data were analyzed by data reduction techniques, data presentation and drawing conclusions, while for data validity using data source triangulation. From the results of the analysis, it can be concluded that the application of scramble learning model in the subject of aqidah akhlak class V in its implementation can increase the enthusiasm, activity and discipline and solidarity of learners, can improve the way of thinking quickly and accurately in working on problems. In this application can also improve the learning outcomes of learners</p> 2024-01-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1310 Hubungan Kinerja Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Matematka di Sekolah Dasar Negeri 24 Muara Enim 2022-03-21T01:36:12+07:00 Djoko Rohadi Wibowo djokorohadi_uin@radenfatah.ac.id Astri Harmita astriharmita1999@gmail.com Elhefni elhefni@radenfatah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru pada materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa pada materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan prosedur pemilihan informasi yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pada rencana masalah utama didapat dari hasil perhitungan variabel X pada kinerja guru, nilai rata-rata adalah 63. Sedangkan nilai 63 diingat untuk rentang berikutnya (57 -63) bahwa perincian masalah utama adalah tentang bagaimana kinerja guru dalam pembelajaran materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim di kelas pada kategori ke dua (sedang). Pada perincian masalah ke kedua, hasil menunjukkan mean dengan nilai 77 dari variabel Y terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan nilai 77 untuk rentang (74-77) yang menyiratkan bahwa perincian masalah kedua ada di kategori (sedang). Pada masalah ke ketiga, terdapat hubungan antara pelaksanaan pendidik dengan hasil belajar siswa siswa kelas 1 pada materi matematika di SDN 24 Muara Enim. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus product moment diketahui bahwa hubungan antara pelaksanaan pendidik (X) dan hasil belajar (Y) adalah 0,5296 bila dihitung dengan r tabel dengan derajat 5% adalah 0,468. Jadi berdasarkan dari rumusan masalah ketiga, diperoleh bahwa rxy = 0,5296 &gt; rt = 0,468. Artinya dari hipotesis yang diajukan untuk “Ha : Terdapat hubungan antara variabel x dengan variabel y” diterima dan “ : Tidak ada hubungan antara variabel x dengan variabel y” ditolak.</p> <p><em>Kata Kunci: </em><em>kinerja guru</em><em>, </em><em>hasil belajar, pembelajaran, matematika, sekolah dasar</em></p> 2024-01-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2658 PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS DI WIROWONGSO KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER) 2024-01-20T15:45:20+07:00 Achmad Faisol faisol@gmail.com <p>Pendidikan didalam keluarga adalah pendidikan fundamen atau dasar dari pendidikan anak selanjutnya. Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan utama yang sangat dibutuhkan bagi anak. Dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak. Sedangkan pendidikan agama pada anak keluarga muslim merupakan awal pembentukan kepribadian, baik atau buruk kepribadian anak tergantung pada pendidikan serta lingkungan yang mengasuhnya. Oleh karena itu, sebagai keluarga muslim, orang tua mempunyai kewajiban memberikan pendidikan dan bimbingan kepada anak. Mengingat pentingnya pendidikan agama, maka orang tua harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menegakkan pilar-pilar pendidikan agama dalam keluarga.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Dengan demikian masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi penerapan pendidikan agama pada anak keluarga muslim, faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama pada anak keluarga muslim, disertai dengan solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan serta menjawab permasalahan diatas.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Dalam pembahasan skripsi digunakan pendekatan teoritis dan empiris. Teoritis bersumber pada kepustakaan dan empiris dilakukan dengan mencari, mengamati, dan mengolah data dari lapangan, yang mengambil obyek di WirowongsoKecamatan AjungKabupaten JEMBER. Penelitian ini menggunakan metode induktif dan deduktif, dan pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, angket, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan&nbsp; analisis diskriptif kualitatif yang ditunjang dengan pemakaian teknik prosentase, yang rumusnya sebagai berikut:</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; P=x 100%</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama pada anak keluarga muslim di WirowongsoKecamatan Ajung Kabupaten Jember sudah bisa dikatakan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya sikap orang tua yang selalu memperhatikan dan memerintahkan anaknya untuk melaksanakan sholat, memberikan materi pendidikan aqidah, ibadah dan akhlak dengan menggunakan metode pembiasaan dan metode lainnya, serta memberikan contoh atau teladan yang baik kepada anak-anaknya.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama pada keluarga muslim adalah dari dalam keluarga yaitu minimnya pengetahuan orang tua tentang agama, dan kesibukan orang tua bekerja diluar rumah. Dari faktor luar rumah yaitu pengaruh media massa (elektronik dan cetak).</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Sedangkan untuk saran, penulis menyarankan kepada semua keluarga muslim untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialaminya dengan banyak membaca buku-buku agama atau bertanya kepada ahli agama, serta mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan</p> <p>Kata Kunci : Pendidikan, Agama Islam, Keluarga</p> 2021-03-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1582 Profil Kesiapan Sekolah terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid 19 2022-07-28T00:08:43+07:00 mely agustin reni pitasari melyagustin8@gmail.com <p>penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesiapan sekolah terhadap pembelajaran tatap muka terbatas, dan factor pendukung terlaksananya pembelajaran tatap muka terbatas. Data diperoleh berdasarkan dari hasil observasi, wawancara, dan angket kepada guru. Hasil penelitian ini menunjukkan ketidaksiapan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.</p> 2024-01-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1486 Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Menggunakan Strategi Tebak Kata Pada Siswa Kelas IV MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember 2022-06-30T14:14:18+07:00 Ayu Lutfiah Afhani ayulutfi42@gmail.com Maria Ulfa mariaulfa@gmail.com <p>Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa krama menggunakan strategi tebak kata kelas IV MIMA 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Subjek peneliti ini, peneliti menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi. Data dianalisis menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles Huberman. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah pada tahap persiapan, dimulai dari mempelajari KD bahasa Jawa kelas IV, menentukan KD berbicara yang sesuai untuk proses pembelajaran, melakukan pemilihan strategi yang sesuai dan peneliti menetapkan strategi tebak kata untuk pembelajaran berbicara, membuat rancangan alur pembelajaran menggunakan strategi tebak kata, menyiapkan bahan/ media pembelajaran sebagai pendukung strategi tebak kata, menyusun RPP lengkap dengan KD, menentukan dan menyusun penilaian yang sesuai dengan keterampilan berbicara dengan strategi tebak kata. Sedangkan proses pelaksanaannya terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti yaitu menggunakan tebak kata berdasarkan bahan bacaan yang dirancang dengan permainan dan pemberian <em>reward</em>, hingga kegiatan penutup. Simpulannya strategi tebak kata dapat mendorong dan memotivasi siswa untuk mau belajar menggunakan bahasa Jawa Krama.</p> <p><em>Key Words : Keterampilan berbicara, bahasa Jawa Krama, Strategi, Tebak Kata</em></p> 2024-01-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar