Analisis Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jember dalam Menghadapi Persaingan Pasar Nasional (Studi pada Peluang dan Tantangan)
DOI:
https://doi.org/10.56013/jebi.v2i2.1584Keywords:
Strategi Pengembangan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Persaingan PasarAbstract
Pembangunan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia telah memberikan kontribusi besar dalam perekonomian nasional mulai dari ouput produksi, penyerapan tenaga kerja, sampai penghasil devisa Negara. Jenis penelitian yang diambil adalah kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan merupakan metode dengan melakukan pengumpulan berbagai data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah data tersebut sebagai bahan penelitian. Strategi yang digunakan oleh pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan pasar global dan Nasional adalah dengan cara meningkatkan sertifikat halal pada produk yang dihasilkan, meningkatkan SDM UMKM halal, pengoptimalan tekhnologi yang modern dan tepat guna untuk dapat memenuhi stadarisasi UMKM halal dan memperkuat konsolidasi dan kordinasi dengan industry (hilirisasi) sehingga pelaku UMKM tersebut dapat bersaing dengan pasar global.