Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Salon dan Klinik Kecantikan (Studi Kasus di Kabupaten Jember)

Authors

  • Khittah Ashilah Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jebi.v1i1.976

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menjelaskan dan menganalisis pengaruh
tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan
konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisis
pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan
konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisis
pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap ,jaminan dan empati terhadap loyalitas
konsumen Salon dan Klinik kecantikan di Kota Jember; (3) menjelaskan dan menganalisis
pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen salon dan klinik kecantikan di Kota
Jember. Metode analisis yang digunakan adalah metode persamaan struktural. Dan hasil
analisis menunjukkan bahwa kelima variabel dimensi kualitas layanan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas baik secara langsung maupun secara tak langsung melalui
kepuasan konsumen. Daya tanggap merupakan variabel yang paling dominan
pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, sedang variabel yang terendah pengaruhnya
adalah reliabilitas.



Downloads

Published

2023-11-10

Issue

Section

Articles