https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/issue/feedJurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)2023-09-25T15:23:50+07:00Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)jurnaljebi17@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) (P-ISSN: <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1614659614&1&&">2775-6920</a>/e-ISSN:<a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1614658686&1&&">2775-9504</a>) published by the Faculty of Islamic Economics and Business, Islamic University of Jember which focuses on the study of Sharia Economics, Auditing, Business Management, Sharia Accounting, Public Finance, Management of Zakat, Infaq, Shodaqoh and Waqf, Entrepreneurship and Islamic Business, Islamic Economic Thought and Sharia Insurance. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) is published 2 times every year, on March and September.</p>https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2250Pengaruh Brand Pride, Web Design Quality, E-Service Quality dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention E-Commerce Shopee Pada Konsumen Milenial Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember2023-09-07T08:25:29+07:00Siti Indah Purwaning Yuwanaindah.yuwana@gmail.comAyu Wulandariayuwulandary026@gmail.com<p><em>Persaingan E-commerce di Indonesia semakin sengit untuk memperebutkan posisi pertama dalam semua aspek.</em><em> Berdasarkan data dari SimilarWeb, saat ini Shopee merupakan e-commerce yang menyediakan toko online terbesar di Indonesia</em><em>.</em> <em>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Brand Pride, Web Design Quality, E-service Quality dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention E-commerce Shopee Pada Konsumen Milenial Mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dan menggunakan 100 responden sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. </em><em>Hasil penelitian </em><em>menunjukkan bahwa </em><em>Variabel Brand Pride, Web Design Quality, dan Customer Experience tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention E-commerce. Sedangkan Variabel E-service Quality berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention E-commerce. Secara simultan antara variabel Brand Pride, Web Design Quality, E-service Quality dan Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention E-commerce Shopee pada konsumen milenial mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember.</em></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2181Eksplanasi Perbandingan Perkembangan Ekonomi Pada Masa Bani Umayyah dan Era Industri 5.02023-09-05T16:56:19+07:00Nuril Laila220504220014@student.uin-malang.ac.idAriza Qanita220504220005@student.uin-malang.ac.idMuhtadi Ridwanmuhtadi@uin-malang.ac.idKhusnudin .khusnudin@pbs.uin-malang.ac.id<p><em>Tulisan ini mengkaji tentang perkembangan ekonomi Bani Umayyah dan ekonomi era industri 5.0. Munculnya gagasan revolusi industri 5.0 turut menjadi tantangan bagi sistem ekonomi Islam. Sistem ekonomi Islam masih dianggap sebagai sistem ekonomi yang tidak fleksibel karena dibatasi oleh nilai agama. Padahal sistem ekonomi Islam sudah berhasil diterapkan pada masa kekuasaan kerajaan Islam terdahulu seperti Dinasti Bani Umayyah. Jenis penelitian ini adalah library reseach. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa buku dan artikel jurnal dengan tema terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep ekonomi welfare state pada masa Dinasti Bani Umayyah dapat diterapkan untuk menghadapi era revolusi industri 5.0. Konsep welfare state menekankan pada tiga prinsip dasar yaitu persamaan kesempatan, pemerataan pendapatan dan tanggung jawab publik. Tiga prinsip tersebut memiliki kesesuaian dengan prinsip dalam sistem ekonomi Islam. </em></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2192Riset Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia Pada Masa Pandemi2023-09-12T08:21:20+07:00Farah Mahdiahfarahmahdiah@mhs.uingusdur.ac.idHendri Hermawan Adinugrahahendri.hermawan@uingusdur.ac.idDrajat Stiawandrajat.stiawan@uingusdur.ac.id<p><em>Penduduk Indonesia yang mayoritas adalah muslim ini adalah bagian dari peluang strategis dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, begitu juga pada sektor perbankan syariah. Melewati pandemi covid-19 yang membawa dampak bagi berbagai sektor. Perkembangan perbankan syariah pada fase ini menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sektor perbankan syariah dan bagaimana perbankan syariah menghadapi tantangan pada pra pandemi dan masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, dengan mengumpulkan dokumentasi perpustakaan dari artikel jurnal, buku serta data publikasi dari pihak lain. Hasil dari penelitian ini diketahui pada masa pra pandemi dan masa pandemi, tren perkembangan perbankan syariah di Indonesia tetap mengalami pertumbuhan yang positif. Hal ini disebabkan oleh peran lembaga-lembaga strategis yang sigap melakukan inisiasi sebagai solusi untuk permasalahan yang ada. Selain tren pertumbuhan yang positif, pada masa pandemi pebankan syariah juga bisa melakukan inovasi dengan melakukan merger 3 bank syariah yang telah ada. Dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia.</em></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2405Pengaruh Social Surrounding, Lifestyle Shopping, dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pembelian Hijab Pada Mahasiswa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember2023-09-25T15:23:50+07:00Nadia Azalianadiaazalia@uinkhas.ac.idDalilatun Nasuhadalilatunnasuha762@gmail.com<p><em>Aktifitas penjualan hijab pada era modern ini yang semakin hari semakin pesat dan menjadi sebuah referensi gaya hijab untuk konsumen mengganti penampilan dan meniru orang lain. Para konsumen selalu ingin mencoba mengikuti trend baru agar tetap tampil lebih keren, lebih tetap percaya diri dan nyaman saat berbelanja hijab yang dibelinya secara impulsif atau Impulse Buying. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah sebanyak 256 mahasiswa dengan teknik “simple random sampling”. Metode Slovin digunakan untuk menentukan jumlah sampel minimal dan dihasilkan 72 responden minimal.</em> <em>Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan diolah dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Variabel Social Surrounding (X1) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Impulse Buying (Y). 2) Variabel Lifestyle Shopping (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (Y). 3) Variabel Hedonic Shopping (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (Y1). 4) Variabel Social Surrounding (X1), Lifestyle Shopping (X2), dan Hedonic Shopping (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (Y).</em></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2152Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Terhadap Persediaan Bahan Baku Pada UD. Padi Sejati Banyuwangi2023-09-12T08:16:14+07:00Maulia Ulfafa.maulia1@gmail.comFirda Fitriyana Zahrofirdafitriyana860@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Terhadap Persediaan Bahan Baku Pada UD. Padi Sejati Banyuwangi. Objek dalam penelitian adalah UD. Padi Sejati Banyuwangi yang mana merupakan perusahaan produsen gula. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data, dengan melakukan observasi, melakukan wawancara, dan melalukan studi pustaka dengan buku-buku, litelatur, bahan-bahan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui metode pencatatan persediaan bahan baku pada UD. Padi Sejati Banyuwangi, (2) Untuk mengetahui prosedur yang membentuk sistem persediaan bahan baku pada UD. Padi Sejati Srono Banyuwangi, (3) Untuk mengetahui unsur pengendalian internal yang terdapat dalam sistem persediaan bahan baku pada UD. Padi Sejati Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal persediaan bahan baku pada UD. Padi Sejati cukup baik. Prosedur-prosedur yang membentuk sistem persediaan bahan baku dalam perusahaan ini sudah memadai dan baik, akan tetapi dalam pelaksanaanya terkadang terdapat prosedur yang tidak dilaksanakan. Pengendalian internal</em></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2382Analisis Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Cassim Coffee Kabupaten Jember2023-09-25T14:55:55+07:00Achmad Fawaidachmadfawaid43@gmail.comHolili Elyasilyasjigo@gmail.comAlif Endy Pamujialifugm@gmail.com<p><em>Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. UMKM mempunyai peran penting di dalam pembangunan perekonomian Indonesia, disisi lain sebagian besar UMKM menghadapi banyak masalah. Diantaranya belum mampu mengelola usahanya dengan baik, sehingga tidak jarang pula UMKM gagal dalam usahanya. Salah satu yang menjadi problem adalah pada aspek pengelolaan keuangan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan keuangan di UMKM Cassim Coffee Desa Karangpring Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah pelaku UMKM Cassim Coffee Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan Cassim Coffee Masih kurang baik dan Kendala dari UMKM Cassim Coffee meliputi kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, rendahnya pengetahuan teknologi, rendahnya pemahaman tentang keuangan atau akuntansi.</em></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/2144Manajemen Bisnis Syariah Pada UMKM Tas dan Dompet untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Rejoslamet 2023-09-11T10:02:47+07:00Nur Lailatul Farikhanaifathok22@gmail.comAmin Wahyudiaminwahyudi@iainponorogo.ac.id<p>Dalam ekonomi Islam kesejahteraan yang harus dipenuhi, yaitu kesejahteraan material dan spiritual. Sedangkan, dalam mengelola bisnis pelaku usaha harus menerapkan nilai-nilai syariah, yaitu keadilan, kehalalan dan kejujuran agar terwujudnya kemaslahatan bagi semua orang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kegiatan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah tas dan dompet dalam mensejahterakan masyarakat Desa Rejoslamet. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan melakukan pencarian data secara langsung pada objek yang diteliti. Dalam penelitian ini, jika dilihat dari jenis datanya maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kegiatan bisnis UMKM tas dan dompet di Desa Rejoslamet berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Dan dalam penerapan manajemen bisnis syariah adalah produk yang dihasilkan halal, mekanisme pengupahan yang adil atau sepadan dengan beban pekerjaan, promosi yang tidak mengandung unsur sara dan menerapkan kejujuran.<br /><br /></p>2023-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)