Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi <p>Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam /JEBI (P-ISSN: 2775-6920/e-ISSN:2775-9504) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Jember yang fokus dalam pengkajian tentang Ekonomi Syariah, Manajemen, Manajemen Bisnis, Akuntansi Syariah, Manajemen Zakat, Infak, Shodaqoh dan Wakaf, Entrepreneurship dan Bisnis Islam, Hukum Ekonomi Islam, Pemikiran Ekonomi Islam dan Asuransi Syariah. Jurnal JEBI terbit dua kali dalam satu tahun di setiap bulan Maret dan September.</p> en-US jurnaljebi@gmail.com (JEBI) mahfiyahrohim@gmail.com (Mahfiyah) Tue, 05 Oct 2021 09:05:57 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Dampak Covid-19 terhadap Tingkat Inflasi (Kelompok Pengeluaran Makanan, Minuman, Tembakau dan Kesehatan Periode 2010-2020) http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1027 <p><em>This study aims to determine the impact of pandemic covid-19 on the inflation rate in food, beverage, tobacco and health spending groups 2010-2020. Seeing the impact of pandemic covid-19 not only disrupts human health conditions but also disrupts the health of the world economy. High unemployment rate as a result of termination of employment, restrictions on wiggle room that causes the stalling of the wheels of the economy, decreased incomes, unstable demand, to high foodstuffs. This condition causes high inflation and economic instability for an uncertain period of time. This research includes qualitative research types with descriptive approaches. The impact of COVID-19 shows an inflation rate in 2020 of 1.68%. The decrease in inflation in 2020 is still a category of mild inflation (inflation below 10% per year), which is inflation that is still not so disruptive to the economic situation.</em></p> Rizkya Lutfi Amalin, Maya Panorama Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1027 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700 Efektifitas Nelayan Kecamatan Puger dalam Peningkatan Produktivitas Penangkapan Ikan Perspektif Ekonomi Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1068 <p>In Islam, productive work is not only recommended, but used as a religious obligation. Therefore, the work, the property of every person, and the result becomes a private property that is respected and protected because it is related to the needs, interests or public benefit.</p> <p>This research uses qualitative research approach methods, which are research that focuses on data quality. Qualitative research examines participants' perspectives with strategies that are interactive and flexible. Qualitative research is aimed at understanding social phenomena from the point of view of participants.</p> <p>The productivity of fishermen in Puger District of Jember Regency only uses nets and increases the number of days to go to sea, this shows that fishermen do not stay silent about their work. In addition, the way fishermen in maintaining the freshness of fish by using ice without other chemicals that will harm humans is evidence of fishermen complying with Islamic sharia rules in producing.</p> Ach Faqih faqih, Eeng Juli Efrianto, Istiadah Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1068 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700 Optimalisasi dan Aktualisasi Manajemen Jaringan Pemasaran Industri Makanan pada Pasar Global (Studi pada Perusahaan Mitra Tani 27 Jember) http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1058 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Salah satu strategi pemasaran agar produk dapat berhasil dipasarkan adalah membangun sebuah jaringan bisnis. Jaringan bisa diartikan sebagai proses membangun hubungan, serta memperluas relasi jaringan pengusaha, melalui serangkaian kontak jangka panjang antara individu atau organisasi.</p> <p>Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan metode kualitatif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan objek yang dipilih peneliti, penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan. Sebagai alat analisis, peneliti menggunakan teori-teori dari literatur yang mendukung judul makalah ini dan yang terkait dengannya.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah Dalam mendistribusikan produknya PT. Mitratani diawali dengan proses produksi sampai dengan proses pemasaran edamame yang melibatkan banyak pihak. Dengan kerjasama antar mitra bisnis, edamame berhasil dipasarkan pada pasar lokal dan internasional. Jaringan yang terlibat dalam proses produksi yaitu semua tenaga kerja PT. Mitratani yang terlibat pada proses penyediaan bahan baku, proses budidaya edamame, proses pengolahan edamame di pabrik. Jaringan yang terlibat dalam proses pemasaran adalah semua pihak ataupun lembaga yang terkait dalam proses pemasaran produk PT. Mitratani, seperti distributor, dan pedagang pengecer (retail).</p> <p>Kata Kunci: Manajemen Jaringan, Pemasaran Industri Makanan dan Pasar Global.</p> Bastomi Dani Umbara Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1058 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar dan Bagi Hasil terhadap Pembiayaan dengan Dana Pihak Ketiga Sebagai Variabel Intervening http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1041 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengaruh inflasi, nilai tukar serta bagi hasil terhadap Pembiayaan dengan dana pihak ketiga sebagai Variabel Intervening pada bank umum Syariah di Indonesia periode 2016-201. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode analisis asosiatif, dengan data sekunder berupa data panel dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode 2016- 2020. Data yang peroleh kemudian diolah dengan alat analisis Eviews10. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji deskriptif, uji stasioner, uji regresi, uji asumsi klasik, uji analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan inflasi tidak berpenaruh terhadap pembiayan. Nilai tukar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan. Bagi hasil tidak berpengaruh terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga dapat memediasi pengaruh infilasi terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga dapat memediasi pengaruh nilai tukar terhadap pembiayaan. Dana pihak ketiga tidak dapat memediasi pengaruh bagi hasil terhadap pembiayaan.</em></p> Dewi Fitria Lestari, Taufikur Rahman Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1041 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700 Peran Wakaf Uang dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pasca Pendemi Covid-19 http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1070 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Pendemi Covid-19 telah memiliki dampak yang sangat buruk terhadap perekonomian Indonesia. Indonesia bahkan jatuh ke dalam jurang resesi akibat pandemic ini. Pemerintah menuyusun program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk mempertahankan perekonomian nasional. Dalam situsi ini, keuangan social islam diharapkan dapat membantu mendukung program&nbsp; Pemulihan Ekonomi Nasional. Wakaf uang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan ekonomi yang terjadi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran wakaf dapat mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional pasca Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan dengan analisis deskriptif kualitatif.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: Wakaf uang, Pemulihan Ekonomi Nasional, Pandemi Covid-19</em></p> Mahfiyah Mahfiyah Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1070 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700 Kontroversi Hak Ijbar Wali terhadap Mempelai Wanita dalam Pernikahan dan Dampaknya terhadap Ekonomi Keluarga http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1069 <p>Salah satu maksud disyari’atkan pernikahan dalam agama Islam oleh Allah adalah untuk menjaga agama karena pernikahan merupakan salah satu usaha untuk memelihara kemuliaan keturunan serta menjadi kunci ketentraman dalam keluarga. Agar tercapai pernikahan <em>Sakînah, Mawadah wa Rahmah</em> yang penuh <em>barakah</em> kiranya perlu dilandasi dengan cinta kasih sayang di antara keduanya.</p> <p>Jika kemaslahatan ini tidak terpelihara maka akan menimbulkan kerusakan. &nbsp;Fiqih madzhab hanafiah dan fiqih madzhab syafiiah &nbsp;memiliki pemahaman berbeda mengenai hak ijbar wali. Bukan hanya perbedaan pendapat di masing-masing ulama, namun juga prakteknya di Indonesia.</p> <p>faktor yang mempengaruhi perbedaan pandangan&nbsp; Fiqih Madzhab Hanafîah&nbsp; Fiqih Madzhab Syafi’iah mengenai hak ijbar diantaranya adalah: adanya <em>ta’arud</em> dalam qiyas, perbedaan dalam pemahaman dalalah&nbsp; lafazd dan faktor sosial budaya.</p> <p>istidlal Fiqih Madzhab Hanafîah tentang hak ijbar: (1).Al-Qur’an (2).Lafadz الْأَيِّمُ &nbsp;bermakna perempuan perawan atau janda yang tidak mempunyai suami (3)pema’naan secara majazi pada lafdz (الْبِكْر) (4). <em>menganalogikan</em> nikah dengan jual beli (5). menggunakan <em>‘urf</em> penduduk Kufah. Sedangkan istidlal Fiqih Syafi’iah (1) Al-Qur’an (2) &nbsp;menggunakan <em>mafhum Mukhalafah</em> hadits:الْأَيِّمُ أَحَقُّ بِنَفْسِهَا مِنْ وَلِيِّهَا. (3) hadits yang diriwayatkan oleh ibn abbas (أَنَّ جَارِيَةً بِكْرًا) adalah pernikahan yang tidak sekufu’. (4) : tindakan Abû&nbsp; Bakar yang menikahkan putrinya (‘Âisyah) yang masih berumur enam atau tujuh tahun, dengan Nabi.</p> <p>KHI selaku hukum perkawianan Islam Indonesian dalam hal hak ijbar wali berpegangan pada pendapat fiqih madzhab Hanafîah.</p> <p>Pada pasangan pernikahan secara &nbsp;ijbar, yang pastinya masih di bawah umur otomatis pendidikannya belum maksimal. Keterbatasan pendidikan pada akhirnya membatasi akses lapangan pekerjaan bagi mereka. Ini yang menyebabkan kondisi ekonomi pasangan yang menikah dini sulit untuk ditingkatkan.</p> Ahmad Zubadul Afiq Afiq Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1069 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700 Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Wasabi Sushi Japanesse Food Jember http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1081 <p><strong><em>Abstrak: </em></strong><em>Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Pemasar kini juga memanfaatkan media baru seperti Internet sebagai alternatif untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen. Pemasaran Digital adalah suatu kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan media sosial Instagram berdampak positif terhadap perkembangan pemasaran produk Al Firdaus sehingga followers dan penjualan Instagram meningkat. Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran digital yang dilakukan oleh wasabi sushi adalah dengan melakukan aktivitas social media maintenance yang memanfaatkan fitur foto dan video, comment untuk berinteraksi, captionuntuk pesan, dan location, hashtag, tagging serta Instagram adsuntuk membantu penyebaran informasi. Sedangkan aktivitas social media endorsement dilakukan dengan cara mengendorse artis supaya meningkatkan follower dan jumlah like. Evaluasi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh wasabisushi adalah hasil penjualan yang meningkat setelah pemakaian instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital. Selain itu wasabisushi juga selalu mempertimbangkan kritik dan saran dari konsumen untuk proses mengambil keputusan pada rencana selanjutnya. </em></p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>t</strong><strong>akunci</strong>: Instagram, Marketing Digital, Strategi, Media Sosial</p> Khittah Ashilah Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/1081 Tue, 05 Oct 2021 00:00:00 +0700