https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/issue/feed JURNAL BIOSHELL 2024-06-05T10:51:15+07:00 Imam Bukhori Muslim ibukhori862@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Bioshell adalah jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Jember yang telah terdaftar dengan nomor ISSN 2301-4105 (cetak) dan ISSN 2623-0321 (online). Jurnal Bioshell adalah jurnal ilmiah akses terbuka peer-review yang <strong>terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober</strong>. Ruang lingkup Jurnal Bioshell difokuskan pada penelitian / review <strong>pendidikan biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA.</strong></p> <p><strong>Pada terbitan volume 11 no 1 yaitu bulan April 2022, Template Jurnal Bioshell mengalami perubahan serta model publish. Sebelumnya seluruh artikel dipublish setiap tanggal 25 pada bulan April dan Oktober. Saat ini berganti menjadi publish pada bulan April dan bulan Oktober. Selain itu Jurnal Bioshell juga menerima Artikel dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.</strong></p> https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/2829 Pengembangan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Berbasis Android dan Desktop pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Daruttaqwa Jombang 2024-05-23T21:45:38+07:00 Imam Ahmad Qurtubi qurtubi002@gmail.com Miftahul Hakim hakimfkipuij@gmail.com Benny Afandi b2nafandi@uij.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk, kelayakan produk, dan respon pengguna terhadap produk. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan langkah-langkah menurut Sugiyono. Proses pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahapan yaitu menyiapkan seluruh aspek pendukung pembuatan dan perancangan aplikasi, tahap perancangan soal asesmen, dan tahap desain aplikasi. Teknik analisis data yangdigunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan cara memaparkan produk yang telah dirancang setelah diaplikasikan dalam produk jadi dan melakukan pengujian tingkat kelayakan produk, perolehan data kualitatif selanjutnya akan diubah menjadi kuantitatif menggunakan perhitungan skala likert. Validasi yang dilakukan yaitu validasi media dan materi dengan cara pendistribusian angket validasi. Uji coba yang dilakukan yaitu uji coba produk dan uji coba pemakaian, uji coba produk dilakukan oleh 3 peserta didik kelas IX dan guru mata pelajaran IPA, sedangkan uji coba pemakaian dilakukan oleh 15 peserta didik kelas VIII dan guru mata pelajaran IPA. Lokasi uji coba berlokasi di SMP Daruttaqwa Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Hasil penelitian yaitu, pengembangan produk menghasilkan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Berbasis Android dan Desktop pada Pembelajaran IPA SMP Daruttaqwa Jombang, validasi kelayakan media sebesar 86,66%, validasi kelayakan materi sebesar 76,66%, respon peserta didik pada uji coba produk sebesar 88,33%, respon guru pada uji coba produk sebesar 90%, respon peserta didik pada uji coba pemakaian sebesar 90,5%, dan respon guru pada uji coba pemakaian sebesar 87,5%. Ketetapan kualitas produk menggunakan kriteria minimal penilaian yang termasuk kategori “Layak” dengan persentase ≥ 56%. Berdasarkan ketetapan tersebut, instrumen asesmen diagnostik kognitif berbasis android dan desktop layak digunakan pada pelaksanaan asesmen diagnostik kognitif pembelajaran IPA SMP Daruttaqwa Jombang.</p> 2024-06-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL BIOSHELL