FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ <p><em><strong>FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam</strong></em> diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember dengan e-ISSN 2808-4527 dan p-ISSN 2809-2864 merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pemikiran Tokoh Pendidikan Agama Islam.</p> <p><em><strong>FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam </strong></em>diterbitkan secara berkala setiap dua kali dalam satu tahun, pada periode Maret dan September. Kami secara terus menerus akan berupaya meningkatkan kualitas jurnal ini, dan berharap jurnal ini dapat bermanfaat bagi pengembangan kualitas para akademisi dalam bidang Pendidikan Islam.</p> en-US jurnalfajarpai22@gmail.com (Elga Yanuardianto) jurnalfajarpai22@gmail.com (Prima Cristi Crismono) Thu, 29 Sep 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 IMPLIKASI KONSEP TADIB TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1662 <p>Pendidikan merupakan salah satu fasilitator yang sangat urgen untuk mewujudkan generasi mudan atau peserta didik menjadi agen of change bagi kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa. Pendidikan juga memiliki berbagai macam makna dalam menerapkan konsep-konsep Pendidikan di dunia nyata. Pemaknaan terhadap istilah Pendidikan juga terjadi di wilayah Pendidikan Islam. Istilah ta’dib juga dijadikan sebagai makna Pendidikan Islam. Ta’dib memiliki makna yang komprhensif, idela dan integral dalam penerapan konsep Pendidikan Islam. Tadib juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan karakter peserta didik. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implikasi ta’dib terhadap karakter peserta didik dalam konteks Pendidikan Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konsep ini memiliki makna yang sangat mendalam dan integral. Konsep ta’dib memiliki concern khusus terhadap kepribadian, akhlak atau adab peserta didik dalam mencari ilmu pengetahuan, sehingga ia dapat menggunakan dan mengamalkan pengetahuan yang telah diperolehnya dengan benar dan tepat. Oleh karena itu, peserta didik yang memiliki adab tersebut tidak akan melakukan penyalahgunaan terhadap ilmu pengetahuannya. Selain itu, peserta didik harus mempunyai keikhlasan dan kejujuran niat dalam mencari ilmu pengetahuan.</p> Fitriyatul Hanifiyah Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1662 Sun, 04 Sep 2022 00:00:00 +0700 BLENDED LEARNING: ALTERNATIVE METHODS OF EFFECTIVE ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1620 <p>Blended learning is a learning method that combines two things, namely face-to-face learning directly and online using the Learning Management System. Simply put, this learning method combines a face-to-face learning system at school and school from home. This learning method is a teaching process by combining teacher-led learning activities using pictures, videos, digital assignments, and face-to-face discussions. Classrooms provide opportunities for students and teachers to be able to carry out the face-to-face teaching and learning process directly. While online learning provides opportunities for teachers to provide independent learning using eLearning components such as games, learning videos, and online quizzes. One of the biggest challenges for schools to implement blended learning methods is the absence of a supportive learning management system. In fact, a qualified learning management system is one of the keys to the success of the blended learning method. Because by having a qualified learning management system, teachers can easily arrange modules, exams, or assessments for all students</p> Ahmad Halid Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1620 Fri, 09 Sep 2022 00:00:00 +0700 ETIKA MAHASISWA DALAM MENGHUBUNGI DOSEN https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1721 <p>penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena etika berkomunikasi mahasiswa kepada dosen, khususnya menggunakan bantuan gawai, melalui aplikasi <em>whatsapp</em>. Hal ini dikarenakan pada era kemudahan berkomunikasi dengan teknologi saat ini, memiliki pengaruh terhadap perilaku manusia, termasuk pada cara berkomunikasinya. Tentunya, meski mendapat kemudahan akses berkomunikasi, semestinya tetap tidak terjadi pelanggaran etika saat berkomunikasi. Namun, pelanggaran etika cara menghubungi dosen dari mahasiswa di lingkungan Universitas Islam Jember (UIJ) masih ditemukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif, yang menggunakan sumber data berupa pesan teks dari mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat adalah masih terjadinya pelanggaran etika cara menghubungi dosen dari mahasiswa dalam hal 1) penggunaan bahasa, 2) waktu menghubungi, 3) cara pengiriman teks. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya sosialisasi dari pihak kampus, baik fakultas atau prodi, bahkan dosen masing-masing, untuk selalu mengingatkan cara menghubungi dosen yang baik, sehingga tidak terjadi ketidaknyamanan penerima pesan.</p> Beby Dwi Febriyanti, Mely Agustin Reni Pitasari Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1721 Tue, 12 Sep 2023 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TASMI ONLINE DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN DI MASA PANDEMI COVID 19 SISWA KELAS VII SMPIT AL-GHOZALI JEMBER https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1628 <p>Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi pandemi covid-19. Penyakit corona adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut corona virus. Pemerintah Indonesia pun mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai penularan pandemi covid-19. Salah satunya adalah penerapan kebijakan social distancing. Sehingga berdampak terhadap sektor pendidikan, dimana kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan dalam jarak jauh. Setelah melihat permasalahan di atas maka pembelajaran daring diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih dan valid serta dapat dipercaya tentang apakah terdapat efektivitas penggunaan metode tasmi’ online dalam meningkatkan hafalan al-qur’an di masa pandemi covid 19 siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Al-Ghozali Jember. Sampel penelitian ini mengambil responden sebanyak 49 siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis dan analisis statistik, yaitu analisa regresi linear sederhana menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan, tidak ada keefektivan 0% dan korelasi yang sedang 0,325 atau 32,5 % dari Efektivitas Penggunaan Metode Tasmi’ Online Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Masa Pandemi Covid 19 Siswa Kelas VII SMP IT Al-Ghozali Jember.</p> <p><em> </em></p> <p><em>K</em><em>ey Words:</em> <em>Metode Tasmi’ Online, Hafalan Al-Qur’an</em></p> Nuzzulul Ulum, Mahfudz Sidiq, Asma Karimah Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1628 Thu, 15 Sep 2022 00:00:00 +0700 DEKADENSI PENDIDIKAN MORAL REMAJA (STUDY KASUS DI DESA TEMBOK REJO KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI) https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1786 <p>Dekadensi pendidikan moral yang melanda saat ini memang sulit untuk di bendung. Budaya lokal masyarakat yang dahulu kita ketahui sangat di junjung tinggi, sekarang terkontaminasai oleh budaya dari barat yang mengajarkan hal yang sangat bertolak belakang dengan kepribadian budaya lokal. Realitas diatas adalah masalah yang penting untuk diteliti, karena bagaimanapun kemajuan bangsa, negara serta suatu daerah itu terletak pada generasi mudanya dalam hal ini remaja. Apabila moral generasi mudanya buruk, tentu akan buruk pula yang akan terjadi dimasa mendatang. Melihat fenomena tersebut yang terjadi pada remaja khsusnya, membuat penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian ini. Oleh karena itu, akan dilakukan penelitian tentang: Dekadensi Pendidikan Moral Remaja (Studi Kasus di Desa Tembok Rejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi), dan Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dimana ini merupakan jenis penelitian yang berusaha untuk mengembangkan konsep, pemahaman, teori dari kondisi lapangan dan bentuk deskripsi. Penelitian kualitatif sebuah penelitian yang mendeskripsikannya melalui bahasa non- numerik dalam konteks dan paradigma alamiah. Penggunaan paradigma alamiah mengasumsikan bahwa kenyataan empirik terjadi dalam konteks sosio kultural yang saling terkait satu sama lain secara holistik.</p> Maria Ulfa Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1786 Mon, 19 Sep 2022 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/2647 <p>Fokus penelitian ini berkisar pada permasalahan hasil belajar yang dibawah standar. Kajian ini berfokus pada komponen yang mempengaruhi hasil belajar, atau model pembelajaran. Fokus penelitian ini berkisar pada sejauh mana model pembelajaran CORE berdampak pada prestasi belajar siswa. Model pembelajaran CORE dipilih secara khusus sebagai pendekatan pembelajaran untuk penyelidikan ini. Dengan menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain non-comparable Control Group, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penilaian, sedangkan uji t digunakan untuk menilai disparitas hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CORE memperoleh hasil belajar yang tinggi, sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh hasil belajar yang tinggi dan rata-rata</p> Prima Cristi Crismono Copyright (c) 2024 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/2647 Fri, 23 Sep 2022 00:00:00 +0700 PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/2650 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya motivasi dan hubungan motivasi dengan keberhasilan belajar di MTs Bustaul Ulum Mlokorejo Puger Jember, sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi sangat penting karena dapat membantu siswa saat mengalami titik jenuh, sehingga dengan motivasi, siswa akan semangat dan motivasi ini sangat berhubungan dengan keberhasilan belajar. Pemberian motivasi intrinsik ataupun ekstrinsik keduanya sangat penting; seperti pemberian motivasi dalam bentuk; reward, pujian, kompetensi, pemberian harapan. Berdasarkan hasil pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap keberhasilan siswa sangat berpengaruh.</p> <p><em>Kata Kunci: </em><em>Motivasi Belajar, Keberhasilan Belajar</em></p> Agus Zainudin Copyright (c) 2024 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/2650 Mon, 26 Sep 2022 00:00:00 +0700