Fasilitasi Lokakarya Asesmen dan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.56013/jak.v3i2.2428Keywords:
asesmen, awal pembelajaran, pembelajaran terdiferensiasiAbstract
Pada kurikulum merdeka kebutuhan dan karakteristik yang unik dari peserta didik menjadi titik sentral dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu diperlukan disain pembelajaran yang dapat mengakomodasi keunikan tersebut. Pembelajaran yang mampu menampung kebutuhan tersebut adalah pembelajaran terdiferensiasi. Agar pembelajaran dapat optimal diperlukan asesmen awal pembelajaran yang tepat. Kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran dan melaksanakan asesmen awal pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 10 kepala sekolah, 20 guru kelas dan 3 pengawas dari satuan pendidikan jenjang sekolah dasar. Hasil kegiatan ini terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi dan penyelenggaraan asesmen awal pembelajaran. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru, kepala sekolah dan pengawas untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka pada aspek pembelajaran terdiferensiasi dan asesmen awal pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arifin Nur Budiono, Yurike Kinanthy Karamoy, Sitti Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.