Fasilitasi Lokakarya Asesmen dan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Arifin Nur Budiono Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Yurike Kinanthy Karamoy Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Sitti Ernawati Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jak.v3i2.2428

Keywords:

asesmen, awal pembelajaran, pembelajaran terdiferensiasi

Abstract

Pada kurikulum merdeka kebutuhan dan karakteristik yang unik dari peserta didik menjadi titik sentral dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu diperlukan disain pembelajaran yang dapat mengakomodasi keunikan tersebut. Pembelajaran yang mampu menampung kebutuhan tersebut adalah pembelajaran terdiferensiasi. Agar pembelajaran dapat optimal diperlukan asesmen awal pembelajaran yang tepat. Kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran dan melaksanakan asesmen awal pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 10 kepala sekolah, 20 guru kelas dan 3 pengawas dari satuan pendidikan jenjang sekolah dasar. Hasil kegiatan ini terdapat peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi dan penyelenggaraan asesmen awal pembelajaran. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru, kepala sekolah dan pengawas untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka pada aspek pembelajaran terdiferensiasi dan asesmen awal pembelajaran

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Nur Budiono, A., Kinanthy Karamoy, Y., & Ernawati, S. . (2023). Fasilitasi Lokakarya Asesmen dan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 107–122. https://doi.org/10.56013/jak.v3i2.2428

Issue

Section

Articles