Rekontruksi Makna Pendidikan Islam (Telaah Makna Pendidikan Islam Berdasarkan Pandangan Syed Muhammad Naquib Ibn Ali Ibn Muhsin Al-Attas)

Authors

  • Fitriyatul Hanifiyah Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpka.v8i1.1514

Abstract

Istilah pendidikan agama Islam masih menjadi topik kajian yang menarik untuk menemukan konsep pendidikan agama Islam yang tepat, komprehensif, ideal dan integral. Secara komprehensif, membangun teori untuk merumuskan paradigma pendidikan tersebut menjadi tanggung jawab moral bagi setiap pakar Pendidikan, sebagaimana dilakukan oleh tokoh pendidikan popular yaitu Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Syed Muhammad Naquib Al-Attas meruapakan salah satu tokoh intelektual Muslim yang prodeuktif dan otoritas terhadap keilmuan. Pemikiran-pemikiran beliau telah memberikan beberapa konstribusi baru dalam disiplin keilmuan khususnya di bidang pendidikan khususnya pendidikan agama Islam yang memiliki konsep ta”dib. Oleh karena itu, peneliti mengangkat kajian makna Pendidikan Islam untuk dapat menemukan makna atau istilah yang tepat, komprehensif, ideal dan integral. Kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research (kajian pustaka) yang berusaha mengungkapkan konsep-konsep baru dengan cara membaca dan mencatat informasi yang relevan dengan kebutuhan adalah salah satu metode penelitian yang peneliti gunakan dalam mengkaji topik ini. Penelitian dengan jenis penelitian library research (kajian pustaka) ini adalah mencakup buku-buku, teks jurnal, majalah dan hasil penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini. Sedangkan content analysis (analisis isi) meruapakan teknik analisa dari penulisan ini yakni teknik apa saja yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara objektif serta sistematis.

 

Kata Kunci: Makna, Pendidikan, Islam

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Hanifiyah, F. . (2022). Rekontruksi Makna Pendidikan Islam (Telaah Makna Pendidikan Islam Berdasarkan Pandangan Syed Muhammad Naquib Ibn Ali Ibn Muhsin Al-Attas). JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA, 8(1), 65–76. https://doi.org/10.56013/jpka.v8i1.1514

Issue

Section

Articles