Penerapan Metode Al-Miftah Sidogiri dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Madrasah Diniyah Tingkat 1 (Study Multisitus di Pondok Pesantren Darus Sholah Putri Jember dan Pondok Pesantren Al-yasini Putri pasuruan tahun 2022)

Authors

  • Luluk Mashluchah Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Ummil Khoir Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpka.v8i2.2649

Abstract

Metode Al-Miftah merupakan metode cepat dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning. Kitab Al-Miftah terdiri dari 1-4 jilid beserta 1 kitab nadzom yang menggunakan lagu familiar di kalangan santri agar mudah di ingat dan difahami. Metode Al-Miftah karangan dari Ustad Ahmad Qusyairi Isma’il Sidogiri. Pondok Pesantren Darus Sholah Jember mengadopsi metode Al-Miftah sidogiri yang mencontoh kepada Pondok Pesantren Al-Yasini Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggabungkan metode Al-Miftah dalam pengajaran kitab kuning di pondok pesantren. Darus Sholah Jember dan Pondok Pesantren Al-Yasini Pasuruan tentang penerapan metode tersebut karna sampai saat ini penerapan di pondok pesantren Darus Sholah Jember masih belum berhasil, sedangkan penerapan metode al-miftah di pesantren Al-Yasini pasuruan sudah banyak santriwati yang berhasil dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning. Penelitian ini melakukan penelitian kualitatif dengan jenis studi multisitus. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga tahap: pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini yaitu Penerapan Metode Al-Miftah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning madrasah diniyah tingkat 1 pesantren Darus Sholah ternyata tidak sama dengan penerapan yang ada di pondok Al-Yasini yang mengadopsi metode tersebut dari pesantren Sidogiri serta Alokasi Waktu pembelajaran di Pondok Darus Sholah terlalu pendek yang menyebabkan kurang evektifnya pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Mashluchah, L. ., & Khoir, U. . (2022). Penerapan Metode Al-Miftah Sidogiri dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Madrasah Diniyah Tingkat 1 (Study Multisitus di Pondok Pesantren Darus Sholah Putri Jember dan Pondok Pesantren Al-yasini Putri pasuruan tahun 2022). JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA, 8(2), 155–166. https://doi.org/10.56013/jpka.v8i2.2649

Issue

Section

Articles