MPLEMENTASI DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN AL-QUR’AN PUTRI IBNU KATSIR JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56013/jpka.v6i1.691Abstract
Abstrak
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa mayor yang paling banyak
digunakan di dunia. Mempelajari bahasa Arab adalah hal yang penting terutama
bagi umat Islam, karena al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, hadits Nabi
dituturkan dalam bahasa Arab serta kitab-kitab dalam agama Islam ditulis
menggunakan bahasa Arab. Namun, mempelajari bahasa asing tentu memiliki
kesulitan dan hambatan tersendiri. Oleh karena itu dibutuhkan cara/metode
yang tepat dan efisien dalam mengajarkan bahasa Arab, agar dapat tercapai
tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi direct method
melalui ilqo’ mufrodat dan yaumul lughoh dalam pembelajaran bahasa arab di
Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember?
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek data dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis data model interaktif oleh Miles, Huberman dan
Saldana yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display dan
Conclusion Drawing/Verfications. Keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi sumber data.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi Direct Method Melalui
Ilqo’ Mufrodat di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember terdiri
dari dua tahap yaitu; a) Pengenalan direct method dalam ilqo’ mufrodat dimulai
pada tahun 2016, untuk santriwati baru diperkenalkan pada tiga bulan pertama
awal tahun ajaran, b) Pelaksanaan, meliputi 1. Materi, diberikan sebanyak tiga
kosakata setiap hari, 2. Implementasi metode, mengunakan sistem talaqqi dan
imla’, 3. Media, mengunakan whiteboard, spidol, kamus dan buku “ Belajar
Bahasa Arab bagi Pemula”, 4. Evaluasi, dengan mengadakan ujian mufrodat dan
praktek langsung.
2) Implementasi Direct Method Melalui Yaumul Lughoh di Pondok
Pesantren Al- Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari dua tahap yaitu; a)
Pengenalan direct method dalam yaumul lughoh dimulai pada tahun 2016,
untuk santriwati baru diberi waktu adaptasi dan pengajaran intensif pada tiga
bulan pertama awal tahun ajaran, b) Pelaksanaan, meliputi 1. Materi,
menggunakan kosakata-kosakata dan pengetahuan bahasa Arab yang dimiliki
santri, 2. Implementasi metode, mengunakan sistem praktek berbicara
langsung/bahasa isyarat, 3. Evaluasi, dengan mengadakan mahkamah bahasa
setiap malam.
Key word: Direct Method, Pembelajaran Bahasa Arab
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JURNAL Pendidikan dan Kajian Aswaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.