JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM <p>Journal Pendidikan Dan Studi Aswaja (P-ISSN : 2460-3325, E-ISSN: 2808-2109) is a Journal that aims to publish and disseminate the results of research and studies about. The scope of the article published in this Journal discusses the topic of Education and study Aswaja. This study journal is managed by publisher uij Kyai Mojo and published twice a year in June and December.</p> en-US ahmadfauzi.12081989@gmail.com (Ahmad Fauzi) upt.penerbitan.uij@gmail.com (penerbit) Wed, 28 Dec 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Menggagas Fiqih Lintas Agama (Upaya Mempertahankan Islam Inklusif dan Plural) https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/1912 <p><em>Kajian fikih lintas agama berupaya menjembatani perpecahan dan saling ketidakpercayaan di antara berbagai agama guna menemukan beberapa titik makna esensial (kebersamaan) yang telah tergerus oleh waktu, kepentingan politik, ekonomi, dan persaingan global. Di sinilah dimulai upaya untuk terlibat dalam dialog antaragama dan mencoba menyatukan potongan-potongan itu untuk mendapatkan sesuatu yang positif bagi kelanjutan kehidupan damai di bumi. Islam yang notabene merupakan salah satu agama terbesar di jagat raya ini, pada masa kejayaannya dalam sejarahnya mengalami beberapa kali pasang surut, mengalami beberapa masa stagnasi dan dinamika kebebasan berpikir terkait fikih, yaitu ijtihad. Fiqh klasik telah menjadi wabah yang membelenggu kebebasan ijtihad yang terhenti pada empat madzhab, maliki, hanafi, syafi'i dan hambali. Fiqh dan Ushul Fiqh sudah dianggap sempurna. Fiqh klasik cenderung memiliki pandangan yang berlawanan dan bahkan menolak komunitas agama lain, yang menyebabkan mereka terpinggirkan atau mendiskreditkan. Biarlah ini menjadi bahan renungan umat Islam tentang bagaimana mendukung Islam yang rahmatan lil 'alamin (inklusif), bukan wajah Islam yang "liar" (radikal) dan tertutup (eksklusif).</em></p> Nidom Hamami Copyright (c) 2023 nidom hamami https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/1912 Wed, 28 Dec 2022 00:00:00 +0700 Telaah Perkembangan Bahasa dan Moral Pada Anak https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2037 <p><em>Perkembangan merupakan sesuatu yang fleksibel keberadaannya, sehingga pengetahuannya juga membutuhkan pengamatan yang teliti untuk mengetahui percapaian perkembangan yang dialami. Dari sekian banyaknya aspek-aspek perkembangan, diantaranya yang menjadi pokok permasalahan adalah perkembangan bahasa dan moral pada anak. Sekalipun sepintas banyak orang yang telah menyatakan bahwa dalam kenyataannya bahasa dan moral akan mengalami perkembangan dengan sendirinya sesuai dengan banyaknya pengalaman yang ditemui seseorang dalam hidupnya. Namun juga perlu diperhatikan mengenai kuantitas dan kualitas perkembangan mengenai bahasa dan moral tersebut. Dengan telaah mendalam mengenai konsep dan metode perkembangan bahasa dan moral, diharapkan orang tua dan pendidik mampu melakukan hal yang terbaik untuk mengontrol arah perkembangan pada anak khususnya dalam hal bahasa dan moral.</em></p> Jasuli Jasuli Copyright (c) 2023 Jasuli Jasuli https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2037 Wed, 28 Dec 2022 00:00:00 +0700 Ajaran Agama dalam Al-Qur'an Surat Lukman Ayat 12-19 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2039 <p><em>The purpose of writing this article is to analyze the concept of religious education in the Qur'an, as well as views of religious education from the perspective of Tafsir Al-Misbah sura Lukman verses 12-19, and what methods are contained in religious education from the perspective of Tafsir Al-Mishbah surah Lukman verse 12-19. The results of the study show that in addition to the educational and learning process there is representative material with the values ​​of Islamic teachings, there is also a kind of affection element which is one of the factors in success in education and learning. Thus in general from the surah Luqman there are principles of Islamic education methods, namely: religious, biological, psychological, and social principles. Educators should have characteristics and traits that will unite in the totality of their personality. In this case the characteristics of Muslim educators are having rubbaniyah character and nature, being sincere, patient, honest, always providing knowledge, being able to use teaching methods, being able to manage classes and students, knowing the psychological lives of students, being responsive, and being fair. In conveying his lessons using the following ways: by touching his heart, not giving up easily, based on compassion, explaining with rational arguments, gentle, patient, firm, and diligent.</em></p> Achmad Faisol Copyright (c) 2023 Achmad Faisol https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2039 Wed, 28 Dec 2022 00:00:00 +0700 Implementasi Metode Bervariasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar di MTs Irsyadun Nasi in Desa Kasiyan Timur Kec. Puger Kab. Jember https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2071 <p><em>Metode pembelajaran sangat erat kaitannya dengan kemampuan dan keterampilan seorang guru dalam menyusun, menentukan dan meningkatkan semua strategi kegiatan dalam proses belajar mengajar. Karena dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kepada siswa, berpengaruh kepada keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Pemilihan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan diberikan kepada siswa, agar tujuan dalam proses pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara (interview). Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih siswa kelas VII di MTs Irsyadun Nasi’in Kasiyan Timur Puger Jember tahun pelajaran 2021/2022 sangat membantu siswa dalam peningkatan hasil belajar karena dengan metode yang bervariasi siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar, minat siswa semakin meningkat, siswa semakin bersemangat dan mudah menerima pelajaran dengan baik sehingga siswa mudah memahami materi yang diajarkan serta dapat menyelesaikan tugas yang guru berikan dengan nilai bagus yang dalam hal ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dan cara guru mengetahui keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan yaitu dengan melihat nilai tes lisan siswa dan hasil belajar bisa dilihat dari nilai tes lisan, tugas, PTS atau PAS siswa kebanyakan nilai para siswa bagus, meskipun masih terdapat beberapa siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.</em></p> Moh. Qurtubi Copyright (c) 2023 Moh. Qurtubi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2071 Wed, 28 Dec 2022 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Al-Miftah Sidogiri dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Madrasah Diniyah Tingkat 1 (Study Multisitus di Pondok Pesantren Darus Sholah Putri Jember dan Pondok Pesantren Al-yasini Putri pasuruan tahun 2022) https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2649 <p><em>Metode Al-Miftah merupakan metode cepat dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning. Kitab Al-Miftah terdiri dari 1-4 jilid beserta 1 kitab nadzom yang menggunakan lagu familiar di kalangan santri agar mudah di ingat dan difahami. Metode Al-Miftah karangan dari Ustad Ahmad Qusyairi Isma’il Sidogiri. Pondok Pesantren Darus Sholah Jember mengadopsi metode Al-Miftah sidogiri yang mencontoh kepada Pondok Pesantren Al-Yasini Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggabungkan metode Al-Miftah dalam pengajaran kitab kuning di pondok pesantren. Darus Sholah Jember dan Pondok Pesantren Al-Yasini Pasuruan tentang penerapan metode tersebut karna sampai saat ini penerapan di pondok pesantren Darus Sholah Jember masih belum berhasil, sedangkan penerapan metode al-miftah di pesantren Al-Yasini pasuruan sudah banyak santriwati yang berhasil dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning. Penelitian ini melakukan penelitian kualitatif dengan jenis studi multisitus. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga tahap: pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini yaitu Penerapan Metode Al-Miftah dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab kuning madrasah diniyah tingkat 1 pesantren Darus Sholah ternyata tidak sama dengan penerapan yang ada di pondok Al-Yasini yang mengadopsi metode tersebut dari pesantren Sidogiri serta Alokasi Waktu pembelajaran di Pondok Darus Sholah terlalu pendek yang menyebabkan kurang evektifnya pembelajaran.</em></p> Luluk Mashluchah, Ummil Khoir Copyright (c) 2024 Luluk Mashluchah, Ummil Khoir https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/2649 Wed, 28 Dec 2022 00:00:00 +0700