Aplikasi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkat Partisipasi Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016

Authors

  • Teguh Karya Pamungkas

Abstract

Sekolah merupakan salah satu organisasi yang mempunyai suatu kekuatan  untuk membant  peserta didik menuju cita-cita yang mereka harapkan.Manajemen mempunyai peran yang cukup besar bagi perkembangan lembaga di masa yang akan datang. Salah satu manajemen yang sangat berperan  disini adalah Manajemen Hubungan Masyarakat. Oleh sebab itulah Madrasah Tsanawiyah Al-Qodiri 1 Jember berusaha memfungsikan dan mengatur manajemen hubungan masyarakat dengan berusaha menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga lain diluar sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas sekolah.Jadi partisipasi masyarakat sangatlah berperan penting untuk mencapai tujuan sekolah Islam atau pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Jika hubungan sekolah islam dengan masyarakat berjalan dengan baik, rasa tanggung jawab dan partisipasi masyarakat untuk memajukan sekolah juga akan baik dan tinggi.

Adapun fokus penelitian ini adalah : Bagaimana aplikasi manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Al-Qodiri 1. Sedangkan sub fokus penelitian adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Al-Qodiri 1.

Tujuan umum ini adalah: Untuk mendeskripsikan bagaimana aplikasi manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Al-Qodiri 1. Sedangkan tujuan khusus untuk mendeskripsikan bagaimana  perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Al-Qodiri 1.

Adapun tahapan penelitian dengan menggunakan beberapa metode, yaitu penentuan subyek penelitian dengan menggunakan Purposive sampling yang dilanjutkan metode pengumpilan data dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter.Setelah data terkumpul dilanjutkan dengan analisis kualitatif dengan menggunakan analisa reflektif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat  di MTs Al-Qodiri 1 adalah : Perencanaan yang dilakukan oleh pihak sekolah sudah berjalan dengan baik dengan adanya perencanaan awal dan perencanaan akhir. Pelaksanaan yang dilakukan oleh MTs Al-Qodiri 1 sudah sesuai dengan memiliki program unggulan yang bekerjasama dengan pondok pesantren Al-Qodiri dan Evaluasi yang juga dilakukan setiap akhir bulan. Sehingga MTs Al-Qodiri 1 memiliki manajemen humas yang sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

References

Abdillah, Taufik. 2013. Manajemen Hubungan Masyaraat Dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri III Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi : STAIN Jember.

Afifuddin dan Saebani Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Agustini, Dian. 2008. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Krai Kecamatan Yosowilangon Kabupaten Lumajang Tahun pelajaran 2007/2008. Skripsi : STAIN Jember.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinika Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswi dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depag. 1985. Alqur’an Dan Terjemah. Jakarta : Pelita.

Depdiknas. 2008. Undang-Undang Tentang Sisdiknas. Jakarta : Redaksi Sinar Grafika.

Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hakim, Taufiqul. 2006. Mutiara Hadits 1. Jepara : El Falah

Handoko, Hani. 2008. Manajemen. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Kartika Surabaya.

Kasiram, Moh. 2010. Metodologi penelitian kulitatif-kuantitati. Malang : UIN-MALIKI PRESS

Manullang, M. 2008. Dasar-Dasar Manajemen.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Moleong, Lexy,J. 2002. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung:Remaja rosdakarya

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Jakarta : Ar-Ruzz Media.

Sabardi, Agus. 2008. Manajemen Pengantar. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan – STIM YKPN.

Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitayif dan Kualitatif.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Satori Dja’man dan Qomariah Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suryosubroto.2010. Manajemen Pendidikan di sekolah.Jakarta : Rineka Cipta.

STAIN. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.Jember : STAIN Jember.

Sudarmawan, Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip Dan Oprasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sulistyorini. 2006. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya : Elkaf

Terry, George. 2000. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta : PT Bumi Aksara

___________. 2012. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Usman, Husaini. 2008. Manajemen Teori Praktik Dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Winoto, Suhadi. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Jember : Pena Salsabila.

Downloads

Published

2022-06-08

Issue

Section

Articles