Pengaruh Poster Film Gampang Cuan di Media Sosial terhadap Minat Nonton Mahasiswa Universitas Islam Jember

Authors

  • Winda Nur Fadilah Universitas Islam Jember
  • Ferdian Ardani Putra Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v10i2.2994

Abstract

Seiring berkembangnya waktu, kini teknologi memiliki perkembangan yang cukup pesat sehingga berdampak pada beberapa aspek. Berbagai macam media dapat digunakan sebagai wadah untuk menyebarkan informasi, hiburan maupun promosi seperti media cetak, elektronik, ataupun media digital. Dalam dunia hiburan, salah satunya yaitu film yang menggunakan sebuah media cetak maupun digital untuk menyebarkan sebuah infomasi sebagai media promosi. Promosi sendiri merupakan sebuah cara yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan atau memberikan informasi tentang produknya dengan tujuan agar masyarakat mengetahui tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Tak hanya mengandalkan sebuah trailer, dalam film juga menggunakan sebuah poster sebagai daya untuk menarik minat penonton. Poster film kini juga dapat masyarakat nikmati melalui beberapa sosial media yang dimiliki, seperti instagram, tiktok, maupun twitter.  Seperti halnya poster film gampang cuan yang telah dirilis sebagai media promosi untuk menarik minat nonton masyarakat yang menyasar pada remaja-remaja dibangku pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh sebuah poster terhadap minat nonton dikalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti bermaksud menjelaskan kedudukan antar variabel serta hubungan antara variabel tersebut yaitu poster film dengan minat nonton pada mahasiswa Universitas Islam Jember. Penelitian ini sudah ditetapkan bahwa terdapat 91 populasi kemudian menggunakan teknik sample purposive dan menghasilkan 39 responden yang mengetahui tentang poster film gampang cuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan analisis data statistik deskriptif yang mengacu pada teori

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles