Pola Komunikasi Organisasi di Pondok Pesantren Maqnaul Ulum

Authors

  • Jasuli Jasuli

Abstract

Komunikasi menjadi unsur yang sangat penting dalam perilaku organisasi karena didalam proses komunikasi terjadi proses mempengaruhi, memberi motivasi, pemberian contoh atau keteladanan baik dari seorang pimpinan pada bawahan-nya, atau antar sesama rekan kerja. Pesantren saat ini telah menjelma menjadi organisasi kompleks yang tidak hanya menjadikan pendidikan sebagai bidang garapannya. Banyak pesantren yang mengembangkan usaha bisnis seperti waralaba, perusahaan air minum, dan lainlain. Kondisi ini semakin memberi peran lain pada sosok kiai sebagai pimpinan pesantren. Seperti halnya manajer dalam sebuah perusahaan, seeorang kiai idealnya juga memiliki seperangkat kualifikasi, kemampuan berkomunikasi, dan pengetahuan yang mumpuni tentang perilaku organisasi. Konten komunikasi dalam penelitian ini mengacu pada apa yang disampaikan oleh Kyai sebagai pimpinan dan manajer sebuah pondok pesantren. Kepemimpinan didefinisikan sebagai proses mengkomunikasi-kan ide atau gagasan yang dapat dimengerti oleh anggota organisasi dalam membantu mereka melaksanakan tugas.

References

Anderson. 1959. Teori Komunikasi. Bandung: Bineka Cipta.

Adler, Ronald. Rodman, George. 1997.Understanding Human Communication. T.tp.

Arni, Muhammad. 2011. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara..

Barge, J. K. 2002. Reflexivity and managerial practice. Communication Monographs, 71, 70–96. Barge, J. K. & Little, M.

Conger, J. A. 1989. The charismatic leader. San Francisco: JosseyBass.

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. The leadership challenge. San Francisco: JosseyBass.

Devito, Joseph A.1997. Human Communication. Alih bahasa oleh Maulana, Agus. . Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Professional Books.

Dhofier. 1994. Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai Jakarta: LP3ES.

Hardjana, Andre. 2006. Iklim Organisasi: Lingkungan Kerja Manusiawi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume3, Nomor 1 Juni 2006.

Horikoshi, Hiroko.1976. A Traditional Leader in a Time of Change: The Kijaji and Ulama in West Java. USA: The University of Illinois at UrbanaChapaign.

Liliweri, Alo. 2004. Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung : Mandar Maju.

Liliweri, Alo. 2003. DasarDasar Komunikasi Antar Budaya. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.

Miller, Katherine. 2003. Organizational Communication. New York : Longman Inc.

Moore, Frazier. 2004. Membangun Citra Dalam Komunikasi. Rosda Karya:Bandung.

O’Hair, D, Gustaf W. F, & Lynda D D. 2009. Strategic Communication: In Business and the Professions, Edisi Keenam.Jakarta: Prenada Media Group.

Sendjaja, Djuarsa; dkk.1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Media Wacana.

wisdom, Dialogical. communicative practice, and organizational life. Communication Theory. t. tp.T.th.

Downloads

Published

2020-12-16

Issue

Section

Articles