https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/issue/feed Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2024-06-29T13:04:40+07:00 Muhammad Ilyas jurnalalashr21@gmail.com Open Journal Systems <p>AL-ASHR is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah Jember Islamic of University with e-ISSN 2808-3954 and P-ISSN 2502-8383 . This journal is published twice a year in June and September. Furthermore, this journal is published in two versions, namely print and online. The focus of this journal contains articles on research on Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Primary / MI / SD Teacher Education, such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research results. Reviewers will review any submitted paper. Review process employs a double-blind review.</p> https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2816 IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POHON CABE PINTAR DALAM MATERI FOTOSINTESIS KELAS IV DI MI AL-HIDAYAH KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER 2024-04-29T20:35:23+07:00 Sri Rahmadani dinisrirahmadani7804@gmail.com Muhibah Rofahati muhibahrofahati@gmail.com Julia Eva Virdiana juliaeva081@gmail.com Muhammad Suwignyo Prayogo wignyoprayogo86@gmail.com <p><em>Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) meupakan suatu kumpulan dari pengetahuan alam dan sosial yang ada pada Kurikulum Merdeka. Yang termasuk pada materi IPAS yaitu tentang peristiwa alam dan sosial yang konkret. Sebagian besar dari materi IPAS ada yang bersifat abstrak dan hal tersebut membuat siswa kesulitan pada saat mempelajarinya. Dampak negatif dari hal itu membuat siswa hanya mendengarkan dan motivasi belajar kurang. Pada situasi ini sangat penting penggunaan media pembelajaran dalam pross pembelajaran IPAS agar siswa bisa memahami materi dan juga menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini meneliti tentang implementasi media pembelajaran pohon cabe pintar dalam pembelajaran IPAS materi fotosintesis kelas IV MI Al-Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dan Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara komprehensif, dan analisis dokumen. Validitas dijaga melalui triangulasi data dan etika penelitian dipertahankan. Dengan hasil evaluasi yang positif, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pohon Cabe Pintar telah memberikan dampak positif yang signifikan pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa di MI Al Hidayah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember </em></p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2906 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANAK TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG KELAS III MI NURUS SYAKUR LEDOKOMBO JEMBER 2024-06-07T14:49:51+07:00 Mely Agustin Reni Pitasari mely.23018@mhs.unesa.ac.id Ida Rahmawati jannah.18oktob@gmail.com Nur Faizah nurfaizah2104@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media anak tangga terhadap hasil belajar siswa pelajaran matematika materi satuan panjang kelas III MI Nurus Syakur Ledokombo. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah studi komparatif yaitu dengan membandingkan keadaan satu variabel atau lebih pada dua sample yang berbeda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurus Syakur yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen tes terdiri dari 20 soal minat belajar(angket) 10 soal tes yang telah diuji validitasnya dan reliabilitas. Instrumen non tes terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media anak tangga terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji normalitas dengan menggunakan uji One-Samples Kolmogorov Smirnov menunjukkan bahwa sig. (2- tailed) ≥ 0,05 = 0,277 ≥ 0,05 yang artinya hasil analisis data pada aspek media anak tangga (prettest) menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Data hasil belajar (posttest) diperoleh hasil sebesar 0,480</em></p> <p><em>≥ 0,05 yang artinya data pada aspek posttest terdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh hasil</em></p> <p><em>sig. = 0,574&gt; 0,05 yang berarti data dalam variabel X dan Y memiliki varian data yang homogen. Penggunaan media anak tangga secara signifikan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil sebelum menggunakan media anak tangga. dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05 = 0,000 ≤ 0,05.</em></p> <p> </p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2921 INTEGRASI NILAI AKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI ISLAMIYAH SEPANJANG GLENMORE 2024-06-13T11:07:11+07:00 Eka Ramiati numateraeka@gmail.com Vina Rohmatul Ummah numnum12@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengintegrassikan nilai akhlak dalam pembelajaran IPA, dalam permasalahan ini tampaknya diperlukan pembelajaran IPA yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan menerapkan integrasi nilai akhlak mulia dalam pembelajaran IPA berbasis yang bersumber pada Al Qur’an dan Hadist diharapkan siswa memiliki pengetahuan yang seimbang dalam memahami sebuah materi. Siswa tidak hanya pandai dalam menguasai materi IPA namun juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga memiliki rasa kecintaan terhadap yang menciptakan alam semesta serta dapat memanfaatkan alam dengan baik.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Integrasi Nilai Akhlak Mulia dalam pembelajaran IPA di Kelas VI MI Islamiyah Sepanjang Glenmore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Subjek pada penelitian ini adalah Guru IPA kelas 6 dan siswa kelas 6 MI Islamiyah Sepanjang Glenmore sejumlah 64 yang terdiri dari 2 kelas A dan B. Hasil dari penelitian ini bahwa MI Islamiyah Sepanjang Glenmore menerapkan integrasi nilai akhlak mulia dalam pembelajaran IPA. Adapun penerapannya mulai dari perencanaan, penyusunan materi hingga pelaksanaan. </em></p> <p> </p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2742 PROSPEK PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONTEKS ERA GLOBAL DAN MANAJEMEN PEMBIAYAANNYA 2024-03-14T12:23:57+07:00 Ahmad Halid khalidghunung@gmail.com <p>This article examines the interesting things about the prospects for Islamic religious learning and education in the context of the global era and its financing management. This research is a review of the literature that strengthens research data with the results of research conducted by education experts. The research model is qualitative. Meanwhile, the data analysis uses descriptive. The data collection method uses library documents. Checking the validity of the data uses the results of expert research by comparing it with the results of this research. so that this version of research will be found strongly. Then it will be sharpened with content analysis (content analysis). The results of the research are (1) Prospects for Islamic and Religious Education as Improving the Quality of National Education (2) Prospects for Islamic and Religious Education in Indonesia in the Era of Globalization, (3) Prospects for the Development of Imprint and Science and Technology in Madrasah Education in Indonesia (4) Prospects and The Existence of Islamic and Religious Education in the Future (5) Management of Religious and Religious Education Financing</p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2905 PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA EKOSISTEM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MI DARUL FALAH AJUNG JEMBER 2024-06-29T13:04:40+07:00 Emilia Maulidatul Hasanah emiliamaulida71@gmail.com Nauva Awiddatul Kholidah nauvaawidda98@gmail.com Muhammad Suwignyo Prayogo wignyoprayogo86@gmail.com <p><em>Tiga elemen utama dari media ekosistem adalah elemen-elemen dari air di sekitarnya, seperti tanaman, hewan, atau krustasea, yang menggambarkan tanaman dan hewan yang mengancam ekosistem. Media diorama ekosistem telah dikembangkan sebagai salah satu metode untuk mengajarkan ilmu lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip ekosistem melalui penggunaan dramatisasi. Proses pengembangan media ini melibatkan pengamatan, pembuatan, dan penilaian untuk memastikan keselarasan antara objek pembelajaran dan alat bantu visual yang menarik bagi siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kehadiran diorama ekosistem secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Signifikansi dari temuan penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V di MI Darul Falah.</em></p> <p> </p> 2024-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar