https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/issue/feed Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2025-03-28T00:00:00+07:00 Muhammad Ilyas jurnalalashr21@gmail.com Open Journal Systems <h3 style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><a href="https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/announcement">JURNAL Al-ASHR MADRASAH IBTIDAIYAH/SEKOLAH DASAR</a></h3> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>Journal Title <a href="https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/issue/archive">Jurnal Al-Ashr</a> , Initials (Al Ashr), Grade Accred <a href="https://drive.google.com/file/d/1jI9G6dg4HRWqsOV-nXKK-XGppXFfkj0-/view?usp=drive_link">Sinta 4</a> , Frequency 2 Issues/Year (March, September), Editor In Chief <a href="https://scholar.google.com/citations?user=2AZR2y8AAAAJ&amp;hl=en&amp;authuser=1">Muhammad Ilyas</a> , Print ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1455710715">2502-8383</a> , Online ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211011241178220">2808-3954</a> , Publisher Faculty of Tarbiyah, Islamic University of Jember</strong></p> <p style="text-align: justify;">AL-ASHR : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah Jember Islamic of University with e-ISSN 2808-3954 and P-ISSN 2502-8383. This journal is published twice a year in March and September. Furthermore, this journal is published in two versions, namely print and online. The focus of this journal contains articles on research on Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education / Primary / MI / SD Teacher Education, such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research results. Reviewers will review any submitted paper. Review process employs a double-blind review. </p> https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3781 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA 2025-03-11T14:47:17+07:00 Elfiana Elfiana riacartas01@gmail.com <p>Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran merupakan elemen penting yang menjadi dasar untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh tingkat keaktifan siswa di sekolah. Untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan kondusif, diperlukan metode pembelajaran yang mampu mendorong partisipasi aktif siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 166 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 166 Bengkulu Utara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa serta keterampilan kolaborasi mereka dalam bekerja sama; (2) Model ini juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan, terlihat dari ketuntasan hasil belajar kognitif dengan nilai KKM ≥80, di mana 90% siswa mencapai ketuntasan. Capaian ini telah melampaui target indikator keberhasilan sebesar 80%.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3840 HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR 2025-03-11T12:56:28+07:00 Sudirman dirman64@unm.ac.id Muliadi Muliadi muliadi6452@unm.ac.id Sunarti .B sunarthyatthy17@gmail.com <p>Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e. Populasi berjumlah 135 siswa dari kelas tinggi, yaitu kelas IV, V, VI (A/B). Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,02 yang berarti &lt; 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima koefisien korelasi yaitu 0,40 yang berarti memiliki hubungan positif pada kategori cukup, sehingga disimpulkan bahwa hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3634 MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI SDN 03 KEMUNINGLOR JEMBER 2025-03-12T10:29:54+07:00 Agus Zainudin guszain910@gmail.com Mashudi Mashudi masstain@gmail.com Mundir Mundir mundir_ftik@uinkhas.ac Moh. Sahlan mohsahlan@uinkhas.ac.id <p>Pendidikan memiliki tanggung jawab besar dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk perkembangan era digital. Dalam era digital, kaum milenial memerlukan landasan moral yang kokoh untuk mencapai kesuksesan. Pendidikan Islam yang berlandaskan Al-Qur'an dan Hadits bertujuan membentuk kesalehan sosial pada siswa agar mereka memiliki sikap baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Pendidikan Islam terbuka untuk semua jenjang usia dan memiliki peran signifikan dalam membangun kepribadian individu, terutama di tengah kemajuan revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang menghadirkan peluang sekaligus tantangan baru.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) dalam membentuk sikap sosial siswa di SDN 03 Kemuninglor Arjasa Jember. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi selama menerapkan pembelajaran PAI dengan pendekatan PjBL di sekolah tersebut.</p> <p>Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif melalui interpretasi dan penyajian hasil. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dalam pembelajaran PAI melibatkan langkah-langkah penting, seperti identifikasi materi pembelajaran, perancangan proyek yang relevan, pelaksanaan pembelajaran kolaboratif, serta pemberian umpan balik yang konstruktif. Model ini bertujuan membangun sikap sosial positif pada siswa, seperti kemampuan bekerja sama, toleransi, empati, dan kepedulian sosial. Walaupun terdapat kendala, seperti kebutuhan waktu persiapan yang lebih lama dan keterbatasan sumber daya, guru PAI berupaya memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan melibatkan dukungan orang tua siswa. Evaluasi keberhasilan dilakukan dengan mengukur tingkat partisipasi siswa, pemahaman terhadap materi, keterampilan sosial yang ditunjukkan, serta evaluasi diri siswa.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3860 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 3/77 2025-03-11T12:54:46+07:00 Mujahidah Mujahidah mujahidah@unm.ac.id Miftakul Janna miftasumbawa0@gmail.com <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SDL terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-treatment post-treatment Design. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SDL dan hasil belajar IPAS. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1 yang terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPAS siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran SDL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SDL terhadap hasil belajar IPAS siswa, berdasarkan dari hasil perbandingan t<sub>hitung</sub> dengan t<sub>tabel</sub> yaitu 16.253&gt; 2,056. Sedangkan untuk nilai signifikansi sebesar 0,001, lebih kecil dari taraf signifikansi (0,001 &lt; 0,05) yang berarti H<sub>1 </sub>diterima dan H<sub>0</sub> ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SDL berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3846 PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 23 JEPPE’E KABUPATEN BONE 2025-03-11T12:24:52+07:00 Sitti Jauhar St.jauhar@gmail.com Firdayanti Firdayanti dayanfirda@gmail.com <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e. Populasi berjumlah 70 siswa dari kelas IV, V, dan VI. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji independent sampel t-test post-test didapatkan nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 13,275 &gt; 2,001. Dibuktikan pula dengan uji paired sampel t-test pre-test dan post-test kelompok eksperimen didapatkan nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan 0,05 yaitu 0,000 &lt; 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ekstrakurikuler pramuka terhadap perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e Kabupaten Bone.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3903 HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN SIKAP RELIGIUS DENGAN MODERASI LINGKUNGAN BERBASIS AGAMA ISLAM DI MI. MIFTAHUL ULUM JEMBER 2025-03-11T12:50:46+07:00 Roul Khomaril Hudha roulkhomarilhudha200@gmail.com Moh. Qurtubi qurtubi59@gmail.com Sri Winarni sriwinarnilukman85@gmail.com Ida Rahmawati jannah.rahmah18@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan logis-matematis dan sikap religius siswa dengan moderasi lingkungan sekolah berbasis agama di MI Miftahul Ulum Jember. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui tes kecerdasan logis-matematis serta kuesioner sikap religius dan lingkungan sekolah berbasis agama. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan logis-matematis dan sikap religius siswa, yang mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir logis dapat membantu siswa dalam memahami dan menginternalisasi ajaran agama islam. Selain itu, lingkungan sekolah berbasis agama memiliki peran dalam memperkuat hubungan ini, meskipun pengaruhnya tidak signifikan secara statistik. Temuan ini menegaskan bahwa sekolah berbasis agama tetap berperan dalam membentuk karakter siswa melalui budaya religius, peran guru sebagai pembimbing spiritual, serta integrasi nilai Islam dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mengombinasikan metode logis dalam studi agama serta penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif untuk mendukung keseimbangan antara perkembangan akademik dan religius siswa.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3841 PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD INPRES 12/79 BIRU II 2025-03-11T12:46:00+07:00 Abd. Hafid hafidabdul196403@unm.ac.id Andi Rudi rudipangerti@gmail.com <p>Bagaimana penggunaan video animasi digunakan dalam penelitian kuantitatif ini berdampak di keinginan siswa untuk belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengadopsi pre-test dan post-test desain penelitian untuk satu kelompok. Video animasi adalah variabel independen yang digunakan pada penyelidikan dan minat belajar Bahasa Indonesia adalah variabel terikat. Seluruh siswa SD Inpres 12/79 Biru II, yang terdiri dari 126 siswa, adalah subjek penelitian. Selanjutnya, teknik pengambilan sampel non probability sampling digunakan untuk penelitian sampel, yang terdiri dari 30 siswa dari kelas VI sekolah. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengumpulkan data, yang dilakukan melalui serangkaian pertanyaan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari responden. Hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil penelitian rata-rata pre- test 59,70, yang dianggap sedang, dan rata-rata post-test 84,50, yang dianggap sangat tinggi. Menurut temuan penelitian ini, penggunaan video animasi berdampak di keinginan siswa untuk belajar Bahasa Indonesia; ada perbedaan dalam hasil minat belajar siswa secara rata-rata sebelum dan setelah tes.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3365 IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MINI ZOO DALAM MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN SECARA GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR 2025-03-17T17:28:28+07:00 Sri Rahmadani dinisrirahmadani7804@gmail.com Muhammad Suwignyo Prayogo wignyoprayogo@uinkhas.ac.id <p>Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial atau yang sering disebut IPAS merupakan mata pelajaran yang diintegrasikan antara ilmu alam dan sosial. IPAS hanya berlaku pada Kurikulum Merdeka. Dalam mata pelajaran IPAS sendiri terdapat materi-materi yang didalamnya sulit dimengerti apabila tidak diterapkannya media pembelajaran sehingga minat siswa dalam mata pelajaran IPAS sangat minim. Pada kondisi saat ini sangat penting penggunaan media pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik termotivasi dan menumbuhkan minat belajar. Penelitian ini akan meneliti implementasi media pembelajaran diorama mini zoo dalam materi perkembangbiakan hewan secara generatif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN Ajung 02 Kabupaten Jember. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi kontribusi, wawancara keseluruhan, serta analisis dokumen. Validitas dijamin melalui keakuratan data, sementara etika penelitian tetap dijaga selama proses penelitian.</p> 2025-03-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar