Efektivitas Program Indonesia Pintar di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama’ Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Authors

  • Abdul Kharis Kurniawan Universitas Islam Jember
  • Ach Ilyasi Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/fml.v1i1.2947

Keywords:

evektivitas; governance; program Indonesia pintar

Abstract

Program Indonesia Pintar merupakan salah satu program dukungan dari pemerintah di bidang pendidikan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Program Indonesia Pintar  masih dapat dikategorikan sebagai program yang belum mampu berjalan  dengan maksimal, karena sasaran program yang diberikan tidak tepat pada sasarannya dan masih rendahnya kesadaran orang tua akan fungi dan kegunaannya.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori efektivitas dari teori James L. Gibson efektivitas didasarkan pada lima aspek yaitu kejelasan tujuan yang ingin dicapai, kejelasan strategi mencapai tujuan, perencanaan yang matang dan penyusunan program yang tepat, ketersediaan sarana dan prasarana, serta sistem pengawasan dan pengendalian pendidikan.

Grand theory yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini  adalah governance. Konsep pemerintahan ini dapat dikatakan sebagai konsep lama dalam administrasi publik karena hanya menekankan pada  pemerintah (lembaga atau lembaga pemerintah). sebagai satu-satunya pengatur dan pelaksana penyelenggaraan pemerintaanh. Oleh karena itu muncullah konsep governance yang menggantikan konsep government dalam aspek maupun kajian pemerintahan.

Dalam penelitian ini metode penilitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif, yaitu menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang menjalani proses penerimaan Program Indonesia Pintar  di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Sempel penelitian ini adalah seluruh siswa yang menjalani proses penerimaan Program Indonesia Pintar.

Hasil temuan yang di dapatkan dalam penelitian menunjukkan bahwa tujuan program Indonesia Pintar di  di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember sudah sesuai pada tujuannya. Implementasi program indonesia pintar di SD NU 09 Riyadlatul Uqul Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dapaat dikatakan sudah cukup baik dari segi pelaksanaannya serta  baik dari aspek-aspek implementasinya, akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan dari segi komunikasi atau sosialisasi yang diberikan oleh lembaga kepada calon penerimanya. Hal itulah yang perlu dilakukan perbaikan lagi. Dilahat dari segi faktor pendukungnya,  dalam proses pelaksanaan program ini adanya informasi secara online dari pihak dinas pendidikan kepada kepala sekolah dan operator sekolah sangatlah membantu untuk percepatan informasi yang diterima. Dengan memanfaatkan informasi  online, program Indonesia Pintar dapat  lebih efektif untuk mencapai tujuannya dalam meningkatkan akses pendidikan bagi siswa yang perlu bersekolah. Meningkatkan keterlibatan sekolah dalam pengawasan tekait pengalokasian dana program Indonesia pintar yang bertujuan untuk terpenuhinya kebutuhan siswa dalam pendidikan sangatlah tujuan utama, namun hambatan terkait program belum adanya pernrcanaan bagaimana dana akan digunakan, orang tua siswa sebagai pemegang kendali atas dana tersebut, dan sekolah mengalami kesulitan dalam proses pengawasannya.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles