Peran Tim Media Center PKB dalam Pemenangan Pemilu 2024 (Studi Kasus di DPC PKB Jember)

Authors

  • Riksa Diah Safitri Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/fml.v1i1.3057

Keywords:

Pemilihan Umum, Partai Kebangkitan Bangsa, Tim Media Center

Abstract

Partai politik yang berpartisipasi didalam pemilu akan melaksanakan kampanye sejak jauh-jauh hari. Berbagai macam metode kampanye yang dilakukan oleh setiap partai politik, seperti melakukan kampanye secara langsung kepada masyarakat, kampanye melalui media cetak, ataupun kampanye yang dilakukan melalui media sosial. Hal demikian dilakukan oleh seluruh partai yang berpartisipasi, salah satunya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kampanye yang dilakukan oleh PKB lebih fokus dilakukan dimedia sosial dengan membentuk tim media center pada setiap DPC untuk memperkuat branding partainya dimedia sosial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis pembahasan menggunakan metode deskripsi. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tim media center hanya berperan penuh dalam hal membranding partai di media sosial dimulai dari membuat materi konten, mengelola interaksi akun dan melindungi partai dari serangan media partai lain.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles