https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/issue/feedFORMULA Jurnal Administrasi Publik2024-12-25T00:00:00+07:00Khusnul Khotimahfisipuijnu@gmail.comOpen Journal Systems<p>FORMULA Jurnal Admistrasi Publik mengundang artikel asli yang belum diterbitkan ke jurnal atau konferensi lain. Kami mengundang para akademisi dan paraktisi untuk berkontribusi penilitian dalam bidang Pembangunan Birokrasi dan Administrasi; Desentralisasi dan Otonomi Daerah; Kebijakan Ekonomi dan Publik; Manajemen dan Tata Kelola Publik; Kebijakan dan Manajemen Publik; Manajemen Sumber Daya Manusia; Politik dan E-government. Yang dikelola oleh Prodi Ilmu Admistrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember.</p>https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3518Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan2024-12-04T08:22:05+07:00Raul Sebastianmiliphonejember6@gmail.comKhusnul Khotimahkhusnulkhuswan101192@gmail.com<p><em>Di Kelurahan Jemberlor masih banyak warga yang belum membayar pajak dan masih banyak warga yang telat membayar pajak. Ada beberapa alasan yakni masyarakat kurang adanya rasa nasionalisnme dan masyarakat terkadang ada yang tidak membayarkannya karena ekonominya masih kurang. Untuk menyikapi hal tersebut, maka diperlukan peran Pemerintah Desa untuk dapat memanfaatkan potensi pajak bumi dan bangunan yang ada di daerahnya dan memberi motivasi wajib pajak supaya dapat menjalankan kewajibannya dalam pembayaran pajak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini kepemimpinan dan governance. Menurut George R. Terry (2018:57) kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, aktivitas mempengaruhi orang-orang untuk bekerja sama secara sadar dalam hubungan tugas, berusaha untuk mencapai tujuan kelompok secara sukarela. Dan menurut Koiman (2009:273), governance merupakan serangkaian proses interaksi sosial politik antara pemerintah dengan masyarakat dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan intervensi pemerintah atas kepentingan-kepentingan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti mengawali penelitian ini dengan cara observasi, kemudian dilanjut wawancara dan didukung dengan dokumentasi. Untuk menentukan informan, peneiti meneggunakan purposive sampling dan didapatkan 5 orang informan yaitu 3 key informan dan 2 support informan. Hasil dari penelitian ini yakni peran dari pemerintah desa untuk menyikapi masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya wajib pajak di Kelurahan Jemberlor hadir untuk menyadarkan masyarakat membayar pajak , memberikan pembinaan dan sekaligus bisa mengevaluasi pendapatan pajak.</em></p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publikhttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3554Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember2024-12-16T17:01:39+07:00Khalimatul Waqidah Waqidahkhalimatulwaqidah@gmail.comNur Aini MayasianaMayasiana20@gmail.com<p>Penelitan ini mengidentifikasi dan menganalisis tentang strategi peningkatan kinerja pegawai di Kecamatan Tempurejo dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dilanjutkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan. 1). Mengetahui dan menganalisis strategi peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Tempurejo. 2). Mengetahui dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung strategi peningkatan kinerja pegawai dikantor kecamatan tempurejo. Hasil pada penelitian ini mengacu pada teori strategi (Wibowo,2017) pelatihan dan pendidikan, motivasi, pengalaman kerja, penghargaan dan hukuman secara signifikan mempengaruhi Efektivitas kinerja pegawai di kantor Kecamatan Tempurejo. Pemerintah Kecamatan Tempurejo harus membuat anggaran Kecamatan untuk melengkapi sarana dan prasarana agar lebih memudahkan masyarakat untuk melakukan pelayanan administrasi. Implementasi strategi ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, kepuasan masyarakat, serta efektivitas dan efisiensi Kecamatan Tempurejo. Serta memenuhi ketentuan di dalam SOP untuk melancarkan layanan masyarakat agar sistem prosedur mudah, cepat dan efisien bagi masyarakat. ditemukan bahwa kecamatan tempurejo juga memiliki faktor hambatan dalam strategi peningkatan kinerja yaitu keterbatasan anggaran dan sarana prasarana, sumber daya manusia dan kemampuan pegawai</p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publikhttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3522Analisis Kualitas Pelayanan Publik dalam Penerbitan Akta Kematian Berbasis Online (J-SIP)2024-12-04T15:37:35+07:00Teguh Karya Pamungkasteguhkaryapamungkas@gmail.comSiti Nur Kholilah Siti Nur Kholilahsitinurkholilah@gmail.com<p><em>Kualitas pelayanan publik merupakan bagian dari urusan wajib Pemerintah Daerah untuk memberikan kualitas pelayanan yang prima. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember mempunyai tugas dalam memberikan pelayanan dalam rangka pembuatan atau penerbitan Akta Kematian yang telah diatur sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 44 Ayat 1 bahwa setiap kematian wajib dilaporkan oleh ketua rukun tetangga atau nama lainnya di domisili setempat paing lambat 30 hari sejak tanggal kematian. </em><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam penerbitan akta kematian berbasi online (J-SIP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. </em><em>Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskripptif dengan menggunakan metode pendekatan studi analisis kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi dilapangan dan menyajika data secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi dilapangan. </em><em>Hasil akhir dari penelitian ini bahwa pelayanan Akta Kematian belum dikatakan efektif. Hal ini terlihat masih kurangnya SDM pegawai, kuranggnya sosialisasi pemerintah terhadap kepemilikan Akta Kematian terutama masyarakat yang tinggal jauh dari Kota atau daerah pedesaan. </em><em>Oleh karena itu, dari hasil yang diperoleh melalui penelitian ini dapat dijadikan referensi atau rekomendasi untuk mendukung kelancaran pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember</em></p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publikhttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3099Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mencapai Graduasi Mandiri di Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember2024-10-25T12:24:27+07:00Dyan Silvianadyansilviana99@gmail.comNur Wahdatul Chilmychilmy.nur@gmail.com<p>Program Keluarga Harapan (PKH) adalah bantuan sosial bersyarat dari pemerintah Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan. Desa Tugusari, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, memiliki tingkat kemiskinan tinggi dan jumlah KPM terbanyak se Kecamatan Bangsalsari, namun higga kini, belum ada KPM di desa tersebut yang mencapai kemandirian atau tergraduasi secara mandiri. Sedangkan prioritas program PKH ialah bagaimana mendorong peningkatan taraf hidup KPM PKH supaya mampu keluar dari kemiskinan dengan menghasilkan KPM PKH yang graduasi sejahtera mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendamping dalam mendukung KPM mencapai graduasi mandiri, termasuk hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses pendampingan. Teori yang digunakan yaitu Peran Pendamping Sosial yang memiliki peran utama sebagai fasilitator, edukator dan motivator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, peneliti mengawali penelitian ini dengan cara observasi, kemudian dilanjut wawancara dan didukung dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendamping PKH Desa Tugusari telah bekerja sesuai kebijakan dan sudah menjalankan perannya sebagai fasilitator, edukator dan motivator yang baik dan berupaya maksimal dalam mendukung peserta PKH mencapai kemandirian. Namun, terdapat kendala dalam proses pendampingan yang menghambat beberapa peserta PKH mencapai graduasi mandiri, seperti kurangnya partisipasi masyarakat, ketergantungan pada bantuan pemerintah, dan penyalahgunaan bantuan menghambat beberapa KPM mencapai kemandirian</p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publikhttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3006Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Guru2024-07-02T12:30:23+07:00M. Firman Maulana Ainul Yaqienfirmanmaulana200201@gmail.comAbdul Latiblatib@gmail.com<p>Kinerja merupakan proses tentang bagaimana pengelolaan sumber daya manusia suatu organisasi dalam mencapai tujuan strategi organisasi. Untuk itu, organisasi sangat membutuhkan individu yang bersedia berperan ekstra untuk bekerja sama melakukan tugas yang tidak tercantum dalam deskripsi pekerjaan. Perilaku ini disebut sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB). Dalam dunia pendidikan, OCB menunjukkan perilaku sosial yang positif dan bermakna membantu. Jika guru memiliki OCB yang tinggi, maka produktivitas akan mampu mengendalikan perilakunya sendiri sehingga mampu mempengaruhi tingkat kinerja yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja guru di SMK 01 Diponegoro Wuluhan Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas di SMK 01 Diponegoro yang berjumlah 31. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi menghasilkan t hitung sebesar 2,987. Berdasarkan perhitungan t hitung dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (2,987 > 2,045), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai korelasi sebesar 0,444 yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square), maka diperoleh besarnya pengaruh Organizational Citizenship Behavior terhadap kinerja guru di SMK 01 Diponegoro Wuluhan adalah sebesar 19,7%.</p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publikhttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3015Strategi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Upaya Mengurangi Pengangguran di Kabupaten Jember2024-10-25T12:42:23+07:00Vicky Vardhani Maulanavickyvardhani4@gmail.comAbdul Latibabdullatifsatar040@gmail.com<p>Masalah pengangguran di Kabupaten Jember disebabkan oleh faktor-faktor seperti kurangnya pendidikan, keterampilan, dan kesenjangan antara permintaan tenaga kerja dan ketersediaan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam menangani masalah ini, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya mengurangi pengangguran di daerah tersebut.Penelitian ini mengadopsi metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan Sugiono (2012), pendekatan kualitatif, beralaskan pada filsafat postpositivisme, mengeksplorasi kondisi objek alamiah. Peneliti berperan sebagai instrumen utama, menggunakan teknik triangulasi, menganalisis data secara induktif, dan menyoroti makna hasil penelitian. Metode deskriptif menggambarkan situasi penelitian berdasarkan fakta yang terlihat atau sesuai dengan kenyataan.Strategi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jember hadir untuk atasi pengangguran. Lewat Job Fair, pelatihan, walk interview, Si-Gaja, dan E-Kapeka, lingkungan ekonomi lokal ditingkatkan. Tapi, perbedaan perlakuan antara pencari kerja domestik dan asing jadi hambatan. Semangat, keterampilan, dan kemauan pencari kerja mendukung upaya mengurangi pengangguran dan kesejahteraan masyarakat.Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jember menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mengurangi pengangguran dengan strategi inovatif. Job Fair, pelatihan, dan aplikasi digital seperti Si-Gaja dan E-Kapeka telah memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan peluang kerja. Kolaborasi erat dengan sektor swasta dan lembaga pendidikan memperkuat pendekatan terintegrasi. Upaya berkelanjutan diharapkan terus mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan.</p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publikhttps://ejurnal.uij.ac.id/index.php/fml/article/view/3527Kualitas Pelayanan Publik dalam Pengurusan Duplikat Buku Nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ajung2024-12-10T11:02:11+07:00Ahmad Ali Wafiahmadaliwafi96@gmail.comAbdul Hadihadi@gmail.com<p>Di Kecamatan Ajung masyarakat masih banyak yang tidak mengurusi duplikat buku nikah bagi mereka yang tidak memiliki buku nikah dikarenakan hilang ataupun rusak. Ada beberapa alasan yakni masyarakat mengeluhkan pelayanan yang kurang maksimal dan kurangnya penyuluhan atau program mengenai pentingnya duplikat buku nikah dan pentingnya pembuatan ulang buku nikah yang rusak maupun hilang. Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan peran pemerintah dalam memberikan pelayanan dan mampu mengarahkan semua kegiatan pelayanan untuk tujuan yang diharapkan dan pemerintah mewajibkan setiap instansi Kantor Urusan Agama untuk mengadakan penyuluhan terkait duplikat buku nikah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Zeitmhal dkk. Menurut Zeitmhal dkk untuk mengukur kualitas pelayanan menggunakan 5 dimensi yang pertama Tangible, yang kedua Reliability, yang ketiga Responsive, keempat Assurance dan yang terakhir Emphaty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti mengawali penelitian ini dengan cara observasi, kemudian dilanjut wawancara dan didukung dengan dokumentasi. Untuk menentukan informan, peneiti meneggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yakni penyelenggaraan pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ajung sudah berjalan dengan baik dan sudah diterapkan dengan menggunakan 5 dimensi tetapi dari kualitasnya perlu ditingkatkan lagi sesuai dengan perkembangan zaman</p>2024-12-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 FORMULA Jurnal Administrasi Publik