Pengaruh Edukasi, Kualitas Pelayanan dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) Rizki Jember
DOI:
https://doi.org/10.56013/jebi.v4i2.3193Keywords:
edukasi, kualitas layanan, citra lembagaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan citra lembaga (X3) secara parsial dan simultan terhadap minat muzakki (Y) membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sampel dalam penelitian berjumlah 75 responden. Hasil menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 54,2% dan dapat disimpulkan edukasi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan citra lembaga (X3) berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap minat muzakki (Y) membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember. semakin banyak edukasi yang diberikan kepada muzakki tentang zakat maka semakin banyak juga muzakki yang minat untuk berzakat. semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan kepada muzakki maka dapat meningkatkan minat muzakki untuk membayarkan zakatnya melalui LAZDA RIZKI Jember, semakin baik citra yang dimiliki lembaga maka dapat meningkatkan minat muzakki untuk membayarkan zakatnya di LAZDA RIZKI Jember.