Pemanfaatan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas di Bank BSI Kencong
DOI:
https://doi.org/10.56013/jebi.v5i1.3532Keywords:
Strategi Pemasaran, Cicil Emas, Analisis SWOTAbstract
Salah satu strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Kencong dengan DTD atau Door To Door guna meningkatkan loyalitas dan menjalin hubungan yang baik dengan nasabah karena adakalanya dari nasabah inilah mampu mendatangkan nasabah lainnya untuk ikut serta dalam pembiayaan cicil emas sebagai investasi di masa mendatang. Tujuan laporan ini untuk mengetahui dan memperkenalkan secara lebih terperinci mengenai strategi pemasaran produk cicil emas yang dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KCP Kencong dengan analisis SWOT. Laporan ini menggunakan metode analisis SWOT dengan menggunakan data dari wawancara pada karyawan bank, literatur dan survei nasabah. Berdasarkan hasil laporan ini menjelaskan bahwasanya, strategi pemasaran produk cicil emas dengan menggunakan analisis SWOT berada pada posisi strength (kekuatan) dan opporttunity (peluang) yang menunjukkan dalam keadaan bertumbuh. Adapun strategi yang dilakukan yakni dengan cara meningkatkan loyalitas nasabah, meningkatkan kualitas pelayanan serta memperkuat jalinan dan kerjasama dengan berbagai instansi atau lembaga yang di sekitarnya.