Pendampingan dan Pelatihan Instruktur Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatu Ulama (IPNU) Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatu Ulama (IPPNU) Kabupaten Jember Di Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu

Authors

  • Saman Hudi Universitas Islam Jember
  • Arifin Nur Budiono Universitas Islam Jember

Abstract

Penngabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan Instruktur Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jember. Secara rinci, masalah Pengabdian ini dititik-beratkan pada materi Pelatihan Instruktur. Pelatihan ini menggunakan metode Student Cenral Learning (SCL), dengan kombinasi antara ceramah, diskusi kelompok dan Praktek melatih. Pelatihan ini diberikan agar kader-kader PC IPNU-IPPNU Kabupaten Jember mempunyai ideology yang kuat, menguasai konsep tentang kepelatihan dan menjadi instruktur yang visioner. Adapun materi yang diberikan adalah NU dan Ke-aswaja-an, Sistem Kaderisasi IPNU, Falsafah dan Prinsip Pelatihan, Kefasilitatoran, Psikologi Pelatihan, Metodologi dan Media Pelatihan, Manajemen dan Design Pelatihan, Bermain dan Belajar, Metodode Evaluasi Pelatihan dan Praktek Melatih. Pendampingan dan pelatihan ini dilakukan atas permintaan PC IPNU- IPPNU Kabupaten Jember. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang dari perwakilan Pengurus Anak Cabang (PAC) IPNU –IPPNU se Kabupaten Jember dan dilaksanakan dalam waktu empat hari (48 Jam), tepatnya mulai tanggal 05 sampai 08 Nopember 2020. Setelah diadakan pendampingan dan pelatihan ini peserta mampu merancang, merencanakan, melakasanakan, mengevaluasi dan megembangkan pelatihan dimasa yang akan datang.

 

Kata kunci: Instruktur, Pelajar Putri, IPNU

Downloads

Published

2021-11-10

How to Cite

Hudi, S., & Nur Budiono, A. . (2021). Pendampingan dan Pelatihan Instruktur Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatu Ulama (IPNU) Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatu Ulama (IPPNU) Kabupaten Jember Di Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu. Jurnal Al-Khidmah, 1(1), 13–24. Retrieved from http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/JAK/article/view/1119

Issue

Section

Articles