PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.56013/jpka.v6i1.1083Abstract
Abstrak
Keberhasilan dalam belajar tidak lepas dari model model pembelajaran Yang efektif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendidikan agama islam melalui penerapan metode Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI. Miftahul Ulum Balung Jember. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa Kepala Madrasah harus selalu memberi dukungan terhadap model pembelajaran yang bisa menyenangkan. semua guru hendaknya semangat untuk memberi pelajaran dengan model pembelajaran yang siswa tidak bosan, siswa khususnya siswa MI Miftahul Ulum antusias ketika pelajaran berlangsung
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Aktivitas Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.