PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

Authors

  • Muhammad Ilyas Universitas Islam Jember
  • Achmad Faisol

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpka.v6i1.1083

Abstract

Abstrak

 

Keberhasilan dalam belajar tidak lepas dari model model pembelajaran Yang efektif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).  Rumusan masalah dalam penelitian ini  adalah Bagaimana  penerapan pendidikan agama islam melalui penerapan metode Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI. Miftahul Ulum Balung Jember. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa Kepala Madrasah harus selalu memberi dukungan terhadap model pembelajaran yang bisa menyenangkan. semua guru hendaknya semangat untuk memberi pelajaran dengan model pembelajaran yang siswa tidak bosan, siswa khususnya siswa MI Miftahul Ulum antusias ketika pelajaran berlangsung

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Aktivitas Belajar

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Ilyas, M., & Faisol, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR . JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA, 6(1). https://doi.org/10.56013/jpka.v6i1.1083

Issue

Section

Articles