Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Jember
DOI:
https://doi.org/10.56013/jpka.v7i2.1158Abstract
Dengan ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan manusia bisa merasakan manfaatnya, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa , dari yang tidak tahu menjadi tahu, maka tanpa adanya pendidikan pasti taraf kedewasaannya tidak akan tercapai,dan pasti akan berakibat pada tingkah laku manusia tersebut, apalagi dalam pendidikan akhlak, apabila seseorang memiliki akhlak yang baik pasti seseorang tersebut telah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana implementasi nilai-nilai keagamaan pada peserta didik di Madarasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Suci yang meliputi nilai akidah, syari’ah dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan 3 cara yakni : Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa MI Raudlatul Ulum. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan informan meliputi: Kepala madrasah, Guru, tata usaha, dan masyarakat. Dengan metode penelitian yang berlandaskan pada analisis fenomenalogis digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai keagamaan terbukti dapat meningkatkan tingkah laku siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan peningkatan yang berperilaku sopan dengan akhlak yang semakin baik, namun upaya peningkatan masih perlu ditingkatkan dan peran serta orang tua yang tidak kalah pentingnya pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Jember.
Kata Kunci: Implementasi, nilai-nilai keagamaan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.