Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak

Authors

  • Arifatul Anis Universitas Islam Jember
  • Dahliah . Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v9i2.1757

Abstract

Abstrak

Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Dimana orang tua adalah point penting dalam menciptakan kenyamanan untuk anak dalam belajarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama. Bagaimana pola komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam memotivasi belajar anak? Kedua. Apa factor-faktor yang menghambat pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak? Ketiga. Bagaimana solusi mengatasi hambatan pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak? Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak, untuk mengetahui factor-faktor yang menghambat pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak, untuk mengetahui hambatan pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, orang tua mempunyai cara-cara untuk membangun pola komunikasi interpersonal orang tua dalam memotivasi belajar anak.

 

Orang tua harus menciptakan nuansa yang bagus dirumah agar nantinya anak betah belajar dirumah, karena rumah adalah tempat terbaik untuk belajar. Misalnya mengajaknya untuk berbicara tentang komunikasi interpersonal, yng dimaksud dengan berbicara komunikasi interpersonal disini adalah orang tua menyampaikan sesuatu kepada anak langsung kepada intiny. Sehingga anak juga cepat menanggapi. Kemudian kedua orang tua berbicara kepada anak penuh dengan kalimat-kalimat dorongan yang dapat menambah motivasi anak.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal. Sementara metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi mendalam.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi, Belajar

Downloads

Published

2022-11-21

Issue

Section

Articles