Implementasi Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ibu Nifas di STIKes Maharani Malang
DOI:
https://doi.org/10.36835/jurnalmidz.v2i1.393Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Student Centered
Learning (SCL) pada mata kuliah asuhan kebidanan ibu nifas di program studi kebidanan STIKes
Maharani Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dalam penelitian
menggunakan tehnik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
perencanaan pembelajaran disusun RPS (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dalam tahap
pelaksanaan proses pembelajaran sudah diterapkan sesuai dengan silabus dan metode yang digunakan
dalam pembelajaran asuhan kebidanan ibu nifas adalah menggunakan metode ceramah (CTJ) untuk
menjelaskan materi konsep dasar dan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning
(SCL) seperti metode Small Group Discussion, Role play, Problem Based Learning dan demonstrasi.
Pada tahap evaluasi pembelajaran dilakukan penilaian dalam bentuk tes tertulis, penilaian praktikum
dan penilaian penugasan. Dengan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning
(SCL) mahasiswa lebih aktif dan mandiri dalam mengikuti proses belajar mengajar baik di kelas
maupun di laboratorium dan hasil prestasi akademik mahasiswa rata-rata baik dengan mendapatkan
nilai dalam kategori A dan B. Secara teknis tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan penerapan
metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL).
Kata Kunci: Implementasi, Metode Student Centered Learning, Asuhan Ibu Nifas
References
Sumani, Mukhlas.2011.Belajar dan
Pembelajaran.Bandung:
PT.Remaja Rosda Karya.
Permenristek Dikti RI No. 44 tahun 2014
Tentang Standar Nasional
Perguruan Tinggi.
Kurdi, Fauziah.2009. Forum
Kependidikan,Volume 28, Nomor 2.
FKIP Unsri.
Dewajani,S.2008. Materi Pelatihan SCL ,
Pembelajaran Student Centered
Learning.Yogyakarta
Moleong J.Lexy.(2015).Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Satori Djam?an, Komariah Aan, 2014.
Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: CV Alfabeta
Wiriatmaja (2005). Pendekatan Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Miles,M.B.Huberman.A,M.1987.Quality
Data Analysis.A Sourcebook of New Method.Beverly Hills:Sage
Publication
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi
Penelitian Kualitatif untuk IlmuIlmu
Sosial. Jakarta: Salemba
Humanika.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitaf,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Syaiful, B.Djamarah.2008. Psikologi
Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal MID-Z (Midwivery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Mid-Z (Midwifery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal Mid-Z (Midwifery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan dapat diunduh secara gratis tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal Mid-Z is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License