Implementasi Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ibu Nifas di STIKes Maharani Malang

Authors

  • Nanik Susanti STIKes Maharani Malang
  • mochamad Agus Krisno Budianto Universitas Muhammadyah Malang
  • Mohammad Syahri Universitas Muhammadyah Malang
  • Ratna Dian Franskiska STIKes Maharani Malang

DOI:

https://doi.org/10.36835/jurnalmidz.v2i1.393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Student Centered
Learning (SCL) pada mata kuliah asuhan kebidanan ibu nifas di program studi kebidanan STIKes
Maharani Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dalam penelitian
menggunakan tehnik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
perencanaan pembelajaran disusun RPS (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dalam tahap
pelaksanaan proses pembelajaran sudah diterapkan sesuai dengan silabus dan metode yang digunakan
dalam pembelajaran asuhan kebidanan ibu nifas adalah menggunakan metode ceramah (CTJ) untuk
menjelaskan materi konsep dasar dan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning
(SCL) seperti metode Small Group Discussion, Role play, Problem Based Learning dan demonstrasi.
Pada tahap evaluasi pembelajaran dilakukan penilaian dalam bentuk tes tertulis, penilaian praktikum
dan penilaian penugasan. Dengan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning
(SCL) mahasiswa lebih aktif dan mandiri dalam mengikuti proses belajar mengajar baik di kelas
maupun di laboratorium dan hasil prestasi akademik mahasiswa rata-rata baik dengan mendapatkan
nilai dalam kategori A dan B. Secara teknis tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan penerapan
metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL).

Kata Kunci: Implementasi, Metode Student Centered Learning, Asuhan Ibu Nifas

Author Biographies

Nanik Susanti, STIKes Maharani Malang

STIKes Maharani Malang

mochamad Agus Krisno Budianto, Universitas Muhammadyah Malang

Universitas Muhammadyah Malang

Mohammad Syahri, Universitas Muhammadyah Malang

Universitas Muhammadyah Malang

Ratna Dian Franskiska, STIKes Maharani Malang

STIKes Maharani Malang

References

Sumani, Mukhlas.2011.Belajar dan

Pembelajaran.Bandung:

PT.Remaja Rosda Karya.

Permenristek Dikti RI No. 44 tahun 2014

Tentang Standar Nasional

Perguruan Tinggi.

Kurdi, Fauziah.2009. Forum

Kependidikan,Volume 28, Nomor 2.

FKIP Unsri.

Dewajani,S.2008. Materi Pelatihan SCL ,

Pembelajaran Student Centered

Learning.Yogyakarta

Moleong J.Lexy.(2015).Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Satori Djam?an, Komariah Aan, 2014.

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung: CV Alfabeta

Wiriatmaja (2005). Pendekatan Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Miles,M.B.Huberman.A,M.1987.Quality

Data Analysis.A Sourcebook of New Method.Beverly Hills:Sage

Publication

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi

Penelitian Kualitatif untuk IlmuIlmu

Sosial. Jakarta: Salemba

Humanika.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitaf,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Syaiful, B.Djamarah.2008. Psikologi

Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-05-30

How to Cite

Susanti, N., Budianto, mochamad A. K., Syahri, M., & Franskiska, R. D. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ibu Nifas di STIKes Maharani Malang. Jurnal MID-Z (Midwivery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.36835/jurnalmidz.v2i1.393

Issue

Section

Artikel