Makna Feminin dalam Iklan Shampo Pantene Gold Series

Authors

  • Deviq Eko Saputro Universitas Islam Jember Indonesia
  • Djoko Supriatno Universitas Islam Jember Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v8i1.1030

Abstract

Perempuan merupakan sosok yang berpengaruh dalam dunia periklanan, keterlibatan perempuan dalam dunia iklan didasari atas dua faktor, yaitu yang pertama perempuan adalah pasar besar dalam industri periklanan, kedua perempuan dipercaya mampu menguatkan pesan dalam iklan. Salah satu produk yang melibatkan perempuan dalam iklan yaitu produk shampo pantene gold series, Dalam iklan tersebut banyak banyak menggambarkan sisi feminin dalam diri perempuan seperti halnya senyuman, tubuh yang seksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna feminin dalam iklan shampo pantene gold series. Bahan dari penelitian ini berupa iklan shampo pantene gold series. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes yang mengkaji makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini ada 3 hal mengenai makna feminin dalam iklan. 1) makna feminin tentang keanggunan 2) makna feminin tentang kecantikan 3) makna feminin tentang keseksian.

 

Kata Kunci : Makna, Feminin, Iklan, Semiotika.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles