Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Kualitas Pelayanan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) di Kabupaten Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.56013/jpm.v8i2.1128Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kualitas Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab-akibat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 pegawai. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, interview dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif menggunakan uji Chi Kuadrat (Chi Square). Hasil penelitian menujukkan Gaya Kepemimpinan Demokratis berada pada kategori sangat baik ditinjau dari segi indikator yaitu: perilaku mendukung, memperhatikan kesejahteraan kelompok kerja, sikap bersahabat. Kualitas pelayanan berada pada kategori sangat baik ditinjau dari segi indikator kualitas, ketepatan waktu, dan empaty. Dengan db = 1dan taraf signifikansi sebesar 5% atau taraf kepercayaan 95%, sedang taraf ketidak percayaan (α) yaitu 0,05, maka diketahui X2 tabel adalah 3,841. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diketahui bahwa X2 hitung adalah 49,194 dan X2 hitung lebih besar atau sama dengan harga X2 tabel. Sesuai dengan ketentuan, jika X2 hitung lebih besar atau sama dengan X2 tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara faktual analisis Chi Kuadrat (Chi Square) menunjukkan bahwa “Ada Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kualitas Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bondowoso”.
Kata Kunci: pengaruh; gaya kepemimpinan demokratis; kualitas pelayanan