Pengaruh Pelayanan Administrasi Terhadap Tingkat Kepuasan Santri di Pondok Pesantren Yasinat Kabupaten Jember

Authors

  • Alwi Alkaff Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v9i2.1787

Abstract

Abstrak

Penelitian ini penting untuk dikaji karena tingkat kepuasan merupakan salah satu hal penting yang dapat menjadi salah satu faktor berkembangnya suatu pondok pesantren sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan administrasi terhadap tingkat kepuasan santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab-akibat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 santriwati. Teknik analisis pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif menggunakan Chi Kuadrat (Chi Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi terkait uang SPP dan uang saku berada pada kategori sangat baik, ditinjau dari segi indikator yaitu perilaku mendukung, memperhatikan kesejahteraan santri, serta sikap bersahabat. Kualitas tingkat kepuasan berada pada berada pada kategori sangat baik ditinjau dari segi indikator kepuasan, ketepatan waktu, dan empaty. Diketahui db = 1 dan taraf signifikan sebesar 5% atau taraf kepercayaan 95%, sedang taraf tidak percayaan (α) yaitu 0,05 maka diketahui X2 tabel adalah 133,15. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diketahui bahwa X2 hitung adalah 12,66 dan X2 hitung lebih kecil atau sama dengan X2 tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara faktual analisis Chi Kuadrat (Chi Square) menunjukkan bahwa “Tidak Ada Pengaruh Pelayanan Administrasi terhadap Tingkat Kepuasan Santri di Pondok Pesantren YASINAT Kabupaten Jember”.

 

Kata kunci :Pelayanan administrasi, Kepuasan santri, dan Pesantren,

Downloads

Published

2022-11-25

Issue

Section

Articles