Pengaruh Kualitas Pelayanan Program E-Samsat terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Patemon Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso

Authors

  • Yordan Vito Zafiro Universitas Islam Jember
  • Abdul Hadi Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/fml.v1i1.2948

Keywords:

E-Samsat, Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Pengaruh.

Abstract

Pelayanan masyarakat atau pelayanan publik memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, jika pelayanan yang diberikan kepada masyarakat baik, maka berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Teknologi yang berkembang saat inipun juga turut berperan dalam mempermudah dan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat. Hal itu juga berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat sebagai faktor untuk menentukan keberhasilan dari pelayanan pemerintah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Patemon. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah responden yang digunakan ada 33 warga desa Patemon yang melakukan pembayaran pajak di balai desa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Package for the Social Science) versi 25. Hasil analisis regresi sederhana sebesar 0,232 atau sama dengan 23% artinya variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat (Y) sebesar 23%. Perhitungan tersebut diperkuat dengan hasil uji t sebesar 2,039 dengan taraf kepercayaan 95% dan taraf kesalahan 5% menunjukkan hasil 3,063 lebih besar dari > 2,039 serta pada nilai probabilitas nilai sig sebesar 0,005. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan (X) program E-Samsat terhadap kepuasan masyarakat (Y) di Desa Patemon Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles