Inovasi Pelayanan Publik pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.56013/fml.v1i1.2949Keywords:
Inovasi, Manajemen Publik, PelayananAbstract
Kabupaten Jember resmi menghadirkan Mal Pelayanan Publik untuk mempermudah dan menyederhanakan layanan publik agar lebih cepat serta lebih efektif. Mal Pelayanan Publik ini secara langsung diresmikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi wakil Bupati Jember, Forkompimda Jember, seluruh Kepala OPD serta seluruh Camat se-Kabupaten Jember pada Senin (6/11/2023). Teori yang digunakan dalam penelitian ini Manajemen publik yang mengacu pada rangkaian praktik, proses, dan kegiatan yang bertujuan untuk mengelola sumber daya publik dengan efisiendan efektif. Sumber daya publik meliputi aspek- aspek seperti anggaran, tenaga kerja, fasilitas, informasi, dan berbgai bentuk asset yang dimiliki oleh pemerintah. Tujuan utama manajemen publik adalah untuk mengatur dan mengarahkan sumber daya ini secara optimal agar dapat menghasilkan dampak positif bagi msyarakat dan memenuhi tuntutan Masyarakat yang beragam (Wijaya & Danar, 2014). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti mengawali penelitian ini dengan cara observasi, kemudian dilanjut wawancara dan didukung dengan dokumentasi. Untuk menentukan informan, peneiti meneggunakan purposive sampling dan didapatkan 5 orang informan yaitu 1 key informan dan 4 support informan. Inovasi pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jember berupa sarana dan prasarana yang diberikan sudah lumayan lengkap. Seperti sudah adanya fasilitas untuk penyandang disabilitas (rambatan untuk jalan) , ruang laktasi, Play ground, Pojok baca. Adapun yang saat ini sedang diusahakan yaitu membuat aplikasi khusus untuk pelayanan publik yang akan diberi nama “JELITA”.