IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURALISME DI SEKOLAH-MADRASAH

Authors

  • Fikriatul Ummah Ummah Pesantren MI Panti
  • Siti Muflihatul Hasanah Siti Pesantren Al-Azhar Ajung Jember
  • Reni Khoirun Nisa’ Reni Mahasiswa Universitas Islam Jember
  • Moch. Subli Subli Mahasiswa Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/mjk.v1i2.3253

Keywords:

Pembelajaran, Multicultural, Toleransi, Budaya

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi atau penerapan pembelajaran yang berbasis bhineka tunggal ika, penelitian ini bertujuan agar kita bisa mengetahui betapa pentingnya saling bertoleransi dan juga mengetahui contoh-contoh penerapan pembelajaran atau pendidikan berbasis bhineka tunggal ika di madrasah. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan Pengumpulan data melalui wawancara. Dari hasil wawancara disebutkan bahwa di SDN sukoreno ini ada beberapa yang memiliki perbedaan agama, yakni agama islam dan juga agama hindu, sehingga dampak dari perbedaan agama tersebut, pihak sekolah perlu menyiapkan guru yang berkualitas dan memahami benar tentang berbedaan dari suku yang beragam dari siswa. Dari perbedaan agama tersebut ketika mata pelajaran agama siswa dipisah, bagi siswa yang beragama islam maka mengikuti pelajaran agama islam dengan guru khusus agama islam, begitupula sebaliknya bagi siswa yang beragama hindu maka mengikuti pelajaran agama hindu`dengan guru agama hindu supaya pembelajaran menjadi lebih efektif.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Ummah, F. U., Siti, S. M. H., Reni, R. K. N., & Subli, M. S. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURALISME DI SEKOLAH-MADRASAH. MAJEMUK Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 147–158. https://doi.org/10.56013/mjk.v1i2.3253

Issue

Section

Articles