PEMBELAJARAN INTEGRASI KURIKULUM NASIONAL DENGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DI MA WALISONGO SITUBONDO

Authors

  • Muhammad Shobirin Pondok Pesantren Al Misri Curahmalang, Rambipuj, Jember
  • Mohammad Varadis Ramadan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/mjk.v2i2.3716

Keywords:

Integrasi; Kurikulum Nasional; Kurikulum Pondok pesantren

Abstract

Kurikulum integrasi adalah peserta didik dapat mempelajari dan memadukan dua disiplin ilmu, yakni ilmu agama-perilaku Islam dan Ilmu umum. Penelitian ini berisi tentang bagaimana pelaksanaan integrasi kurikulum pendidikan di MA Walisongo Situbondo yang memadukan kurikulum Nasional dengan kurikulum pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Perolehan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan integrasi kurikulum yang dilaksanakan oleh MA Wali Ibrahimy Wali songo Situbondo mengacu pada salah satu dari 10 model Pembelajaran terpadu yang dicetuskan oleh Robin Forgarty yakni model pembelajaran laba-laba (webbed). Model pembelajaran laba-laba adalah pembelajaran terpadu dengan menggunakan pendekatan tematik, yakni dari beberapa mata pelajaran dikaitkan dengan satu bidang tertentu. Di MA Ibaramy Wali Songo semua mata pelajaran dalam kurikulum nasional dikaitkan dengan materi Agama islam yang terdapat didalam kurikulum pondok pesantren. Dengan demikian peserta didik dapat memahami esensi keilmuan yang dipelajari secara matang tanpa meninggalkan nilai nalai Islam

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Shobirin, M., & Ramadan, M. V. (2025). PEMBELAJARAN INTEGRASI KURIKULUM NASIONAL DENGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DI MA WALISONGO SITUBONDO: . MAJEMUK Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 125–142. https://doi.org/10.56013/mjk.v2i2.3716

Issue

Section

Articles