STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MENGATASI KESENJANGAN DIGITAL DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMK WALISONG SITUBONDO

Authors

  • Ardy Ansyah Ansyah Pondok Pesantren Walisongo Situbondo
  • Syamsul Arifin Pondok Pesantren Walisongo Situbondo

Keywords:

Komunikasi, Kesenjangan Digital, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan strategi komunikasi oleh SMK Walisongo Situbondo untuk mengatasi kesenjangan digital demi mempertahankan kualitas pendidikan. Dalam konteks era digital, hambatan akses teknologi  menjadi masalah signifikan, terutama di lingkungan pesantren yang memang tidak diperkenankan menggunakan gadget atau handphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh sekolah dalam merancang dan melaksanakan strategi komunikasi guna mengurangi kesenjangan tersebut. Melalui metode kualitatif, temuan penelitian menunjukkan bahwa SMK Walisongo Situbondo telah melaksanakan sejumlah strategi komunikasi, seperti pelatihan penggunaan teknologi untuk guru dan siswa, serta kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan komunitas lokal. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa komunikasi yang efektif dan distribusi informasi yang tepat dapat mengurangi kesenjangan digital dan tetap menjaga kualitas pendidikan meskipun terdapat keterbatasan akses teknologi. Secara keseluruhan, strategi komunikasi yang tepat dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan digital dan memastikan kualitas pendidikan tetap terjaga di era digital.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Ansyah, A. A., & Arifin, S. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MENGATASI KESENJANGAN DIGITAL DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMK WALISONG SITUBONDO. MAJEMUK Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 76–86. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/mjk/article/view/3732

Issue

Section

Articles