Peer Review Process

Langkah-Langkah Proses Peer-Review

  1. Artikel yang dikirim ke Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi akan diperiksa terlebih dahulu oleh pemimpin redaksi untuk menentukan apakah isi artikel tersebut sesuai dengan fokus dan ruang lingkup jurnal. Jika konten artikel di luar jangkauan, pemimpin redaksi akan segera menolak artikel tersebut.
  2. Jika artikel telah mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal, kepala editor akan menugaskan editor untuk menyaring artikel untuk plagiarisme menggunakan pemeriksa plagiarisme. Jika ada banyak plagiarisme yang terjadi dalam artikel (lebih dari 30 persen), maka editor akan langsung menolak artikel tersebut. Tetapi jika plagiarisme masih dianggap kecil (kurang dari 30 persen) maka, artikel akan dilanjutkan ke proses peninjauan.
  3. Para editor akan menugaskan dua pengulas berdasarkan pada keahlian konsentrasi yang dibahas dalam artikel. Peninjau adalah pakar di bidang Bimbingan dan Konseling. Proses peninjauan adalah jenis ulasan peer-double-blind di mana peninjau tidak mengetahui identitas penulis atau dan sebaliknya.
  4. Ulasan dari dua pengulas akan dikirim ke penulis. Penulis harus merevisi artikel berdasarkan umpan balik dari dua pengulas.
  5. Setelah revisi dikirim ke Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, editor bersama dengan anggota dewan editorial dan pemimpin redaksi lainnya membuat keputusan apakah akan menerima, menolak atau menganggap artikel memiliki sesi kedua proses peninjauan. Penulis akan diberitahu ketika Editor memutuskan untuk melakukan tinjauan lebih lanjut.
  6. Jika artikel diterima, editor akan mengirim Letter of Acceptance kepada penulis melalui penulis yang sesuai.
  7. Selanjutnya, untuk menjaga kredibilitas pengulas, selama proses review artikel, penulis tidak dikenai biaya