Author Guidlines

Persyaratan Umum Penulisan Manuskrip

Pedoman bagi penulis manuskrip dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Manuskrip ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan kerapatan baris 1,15 spasi, font Tahoma 11, ukuran kertas A4, format satu kolom, dan margin (top 4 cm; left 3 cm; bottom 3 cm; right 2 cm).
  2. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya tak lebih dari 3500-5000 kata atau kurang lebih 10-12 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya.
  3. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf miring (italic).
  4. Tinjauan pustaka (literature review) tidak dicantumkan sebagai bagian dari struktur artikel. Dengan demikian pengutipan pustaka yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (Introduction) atau dalam pembahasan.
  5. Pengutipan pustaka dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis.
  6. Artikel ilmiah akan dimuat di jurnal ilmiah harus ada lembar penilaian manuskrip oleh mitra bestari jurnal, surat keterangan penerimaan (LoA) manuskrip untuk publikasi dari dewan penyunting jurnal yang dilampirkan pada manuskrip dan pernyataan pengalihan hak cipta

        Judul

  1. Judul hendaknya ringkas dan informatif, dengan jumlah kata tidak lebih dari 15 baik dalam bahasa Indonesia dan/ bahasa Inggris, sudah termasuk kata penghubung.
  2. Judul artikel ditulis dengan huruf kapital tebal (bold) dengan ukuran font Tahoma12, rata tengah.
  3. Judul yang kreatif dan menarik minat pembaca. Kata pengaruh, hubungan, dan studi kasus sebaiknya tidak digunakan sebagai judul. Penyebutan obyek, tempat atau bahan penelitian yang sangat terperinci dipaparkan di bagian metode.

       Nama dan Koresponden Penulis

  1. Baris kepemilikan terdiri atas tiga bagian, yaitu nama-nama penulis tanpa gelar, afiliasi penulis dan alamat korespondensi (email).
  2. Nama lembaga dicantumkan secara lengkap sampai dengan nama negara
  3. Nama penulis ditulis tepat di bawah judul artikel. Nama penulis yang dicantumkan tidak dibatasi jumlahnya. Jika ada lebih dari satu penulis, pada setiap nama penulis dipisahkan oleh tanda koma (,). Nama penulis ditulis dengan jenis font Tahoma ukuran 11 pt
  4. Untuk memudahkan identifikasi pada artikel yang melibatkan banyak penulis, pada kata terawal dari afiliasi diberikan simbol angka kecil (misal. 1Afiliasi, 2Afiliasi) yang disesuaikan dengan penulis yang dimaksud.

       Abstrak

  1. Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.
  2. Abstrak ditulis dalam satu paragraf; ditulis dalam dua bahasa(Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris); panjang abstrak berkisar antara 150 - 200 kata, menggunakan font Tahoma 10, spasi
  3. Hindari perujukan dan penggunaan singkatan yang tidak umum.

       Kata Kunci

  1. Kata kunci terdiri atas 3 sampai 5 kata dan/atau kelompok kata.
  2. Antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;).
  3. Hindari banyak kata penghubung (dan, dengan, yang dan lain-lain).

       Pendahuluan

  1. Hindari sub-sub di dalam pendahuluan.
  2. Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang masalah dan tujuan penelitian.
  3. Isi pendahuluan ditulis menggunakan Tahoma 11 dengan spasi 1,15 justify (rata kanan-kiri)
  4. Landasan teori ditampilkan dalam kalimat- kalimat lengkap, ringkas, serta benar-benar relevan dengan tujuan penulisan artikel ilmiah.

       Metode Penelitian

  1. Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi identifikasi variabel, subyek/bahan yang diteliti,instrumen penelitian, rancangan percobaan atau desain yang digunakan (rancangan eksperimen), teknik pengambilan sampel, analisis data dan model statistik yang digunakan. Font Tahoma 11 pt, spasi 1,15.
  2. Jika menggunakan metode yang sudah banyak dikenal, sebutkan nama metodenya saja. Jika diperlukan, sebutkan sumber rujukan yang digunakan sebagai acuan.
  3. Untuk penelitian kualitatif, metode penelitian dapat menyesuaikan.

       Hasil dan Pembahasan

  1. Bagian ini memuat seluruh hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dapat dipaparkan dengan menggunakan tabel, grafik, atau gambar yang disertai dengan deskripsi. Font Tahoma 11 pt, spasi 1,15
  2. Hasil penelitian yang dipaparkan kemudian dibahas secara kritis berdasarkan kajian teoretis maupun empiris. Pembahasan terhadap hasil penelitian dikaji secara mendalam dan perlu menunjukkan posisi penelitian tersebut terhadap penelitian-penelitian yang telah ada sebelumnya.
  3. Keterangan gambar/grafik diletakkan di bawah gambar/grafik tersebut,sedangkan judul tabel diletakkan di atasnya. Judul diawali dengan huruf kapital.
  4. Pada umumnya penulisan hasil penelitian tidak menggunakan bahasa statistik (seperti: significantly different, treatment, dll). Hindari copy dan paste tabel hasil analisis statistik langsung dari software pengolah data statistik.
  5. Materi pembahasan terutama mengupas apakah hasil yang didapat sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya.
  6. Hindari kutipan langsung; Sitasi hasil penelitian atau pendapat orang lain hendaknya disarikan dan dituliskan dalam kalimat sendiri (tidak menggunakan kalimat yang persis sama).
  7. Kumpulan penelitian sejenis dapat dirujuk secara berkelompok.

       Simpulan

  1. Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian yang disajikan secara deskripsi (maksimal 1 halaman).
  2. Ditulis sepanjang satu paragraf dalam bentuk esai, tidak dalam bentuk
  3. Saran boleh dimasukan didalam simpulan, berisi saran untuk penelitian lanjut dan praktik.

        Daftar Pustaka   

        Ketentuan umum penulisan daftar pustaka:

  1. Rujukan yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanyalah rujukan yang benar-benar dikutip dalam manuskrip.
  2. Daftar rujukan berasal dari sumber yang relevan: (1) minimal 70% mutahir (10 tahun terakhir); (2) minimal 50% sumber primer terutama dari artikel jurnal.
  3. Daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan urutan abjad nama penulis dengan font Tahoma 11 spasi 1, justify/rata kanan-kiri.
  4. Ketentuan nama penulis: nama yang ditampilkan adalah nama akhir (nama keluarga) penulis diikuti dengan singkatan nama awal (dan tengah jika ada). Jika penulisnya lebih dari satu orang, maka cara penulisannya sama.
  5. Penulisan judul rujukan diawali dengan huruf kapital hanya pada awal kalimat.
  6. Setiap penulisan nama, tahun, judul artikel dan seterusnya diakhiri dengan titik (.) sebelum dilanjutkan kata berikutnya. Khusus penulisan volume (nomor) jurnal diberi tanda titik dua (:) tanpa jarak spasi. Contoh-contoh penulisan dapat dilihat pada penjelasan setiap jenis pustaka yang layak dirujuk.