Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali

Authors

  • Abid Nurhuda UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Abdulloh Hadziq UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v2i1.1256

Abstract

Program Tahfidz Al-Qur’an memiliki banyak fungsi salah satunya ialah untuk menguatkan karakter dan nilai-nilai keagamaan siswa, terlebih di era globalisasi yang mana sangat rentan akan terjadinya pergeseran budaya dan degradasi moral. sehingga banyak lembaga pendidikan umum negeri maupun swasta yang mengadakan program tahfidz dengan harapan jika siswa dekat dengan Al-Qur’an nantinya akan berakhlaq serta berkepribadian baik. Salah satunya adalah SMPTQ Abi Ummi Boyolali dengan berlandaskan Boarding School disertai program unggulannya ialah Tahfidz Al-Qur’an yang menargetkan hafal 5 Juz dalam waktu 1 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi mulai September 2021-Desember 2021 lalu dianalisis, disajikan dan terakhir disimpulkan. Adapun hasilnya adalah Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali sudah cukup ideal karena pengelolaannya telah menentukan waktu, lingkungan, tempat, materi dan metode yang beragam. Lalu ada keterlibatan musyrif tahfidz secara langsung, mengupgrade kemampuan dan terecruit secara berstandar. Serta adanya dukungan orang tua melalui peran sekolah. Dan terakhir adanya kontrol dari atasan.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Abid Nurhuda, & Abdulloh Hadziq. (2022). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 22–43. https://doi.org/10.56013/fj.v2i1.1256