Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan (Study Kasus di SMA AL-Falah Desa Karang Harjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember)

Authors

  • Teguh Karya Pamungkas

Abstract

Kepemimpinan dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi penggerak majunya suatu organisasi. Sehingga dalam mencapai mutu pendidikan yang berkualitas unsur pendidikan juga butuh peran serta masyarakat dalam penye-lenggaraan pendidikan.

Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan kepala Sekolah di SMA Al-Falah Desa Karang Harjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pendidikan di SMA Al-Falah Desa Karang Harjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember)?

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah dan partisipasi masyarakat di lembaga pendidikan di yayasan SMA Al-Falah Desa Karang Harjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskritif dengan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan metode Diskriptif reflektif, selanjutnya dianalisa dengan mendialogkan data teoritik dan empiris secara bolak-balik dan kritis.

Hasil penelitian ini adalah (1) Model kepemimpinan kepala sekolah di SMA Al-Falah merupakan  orang yang menggunakan model kepemimpinan demokratis dan dikolaborasikan dengan kepemimpinan kharismatik, terlihat dengan adanya hubungan baik antara pemimpin dengan anggotanya, kepercayaan diantara pemimpin dan anggotanya, kepribadian pemimpin yang baik, pemberian kebebasan dan sikapnya sebagai panutan, rasa hormat anggotanya terhadap pemimpin yang timbul dari adanya wibawa pemimpin. (2) Partisipasi masyarakat dalam pendidikan di SMA Al-Falah Dengan model kepemimpinan yang demokratsis dan berkharisma baik disadari maupun tanpa disadari adanya sebuah pengikut pasti takkan biasa disangkal, yang para pengikut tersebut akan conform dengan sang pemimpin. Sehingga dalam hal partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di SMA Al-Falah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari peran serta masyarakat dalam program-program yang diadakan yayasan, seperti dalam hal pengambilan keputusan melalui rapat, komite sekolah maupun pengajian-pengajian dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Author Biography

Teguh Karya Pamungkas

Ketua Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Jember

References

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, 2009, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.

Conyers, Diana. 1991. Perencanaan Sosial di Dunia ketiga. Yogyakarta: UGM Press.

Danim, Sudarwan dan Suparto, 2009, Manajemen dan kepemimpinan tranformasional, Jakarta: Rineka Cipta.

Depag RI, 2004, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV. Penerbit J-ART.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai pustaka.

Djajal, Fasli & Dedi Supriadi (eds). 2001,. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Dwi Ningrum, Siti Irine Astuti. 2009, Desentralisasi dan Partisispasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta : FIP UNY.

Kartono, Kartini. 2004, Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Marno dan Triyo Supriyatno. 2008, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: PT. Rafika Aditama.

Moleong, lexy, J, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muhaimin,dkk, 2010, Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah/ Madrasah, Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya 2004

Rifai, M. Moh., 1986, Administrasi Pendidikan, Bandung: Jemmars.

Sitorus, 2000, Berkenalan Dengan Sosiologi: Jilid II, Jakarta: Erlangga.

Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, 1984, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.

Soekarto. 2006, Bagaimana memimpin sekolah yang efektif, Bogor: Gia Indonesia.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. (Bandung: CV Alfabeta, 2007).

________, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sumaryadi, I Nyoman, 2010, Sosiologi Pemerintahan. Dari Perspektif Pelayanan, Pemberdayaan, Interaksi, dan Sistem Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia, Ghalia Indonesia.

Sukamto, 1999, Kepemimpinan kiai dalam pesantren, Jakarta: Pustaka LP3ES.

Sumampouw, Monique, 2004). Perencanaan Darat-Laut yang Terintegrasi dengan Menggunakan Informasi Spasial yang Partisipatif. Jakarta: Pradnya Paramita

Syaifullah, Ali, 2006, Administrasin dan Supervisi Pendidikan Jember: STAIN Press

Tilaar, H.A.R & Riant Nugroho. 2009, Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2017-11-16

Issue

Section

Articles