Game Online dan Interaksi Sosial Menyorot Intensitas dan Kualitas Interaksi Sosial Gamer

Authors

  • Dahliah dahliah

Abstract

Bermain game online adalah fenomena yang marak dikalangan remaja, dan cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Ragam game yang variatif membuat gamers seakan tak bisa melepaskan hobi mereka. Sebagai sarana hiburan, game online tak hanya menimbulkan dampak yang positif, namun juga negatif. Salah satu implikasi yang timbul dari bermain game online adalah semakin menurunnya kuantitas dan kualitas interaksi gamers dengan orang lain atau masyarakat di lingkungannya. Kondisi ini haruslah mendapat perhatian yang serius, mengingat interaksi sosial adalah hal yang penting dalam kehidupan. Keluarga, orang tua dan guru adalah diantara elemen yang diharapkan mampu mengawasi dan mengontrol para remaja agar lebih memilih kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat untuk masa depannya.

References

Abu Ahmadi, psikologi Sosial, Semarang : Rineka Cipta, 1990

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2011

Herabudin, Pengantar Sosiologi, Bandung :CV. Pustaka Setia, 2015

Fauziah E.R. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1

Samboja. eJournal lmu Komunikasi, 2013, 1 (3): 116

Fiske, John : “Pengantar Ilmu Komunikasi/John Fiske” Trans; penerjemah, Hapsari Dwiningtiyas. –Ed. 3?2. –Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Gunarsa, S. D. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: BPK. Gunung Mulia.

“Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran” / Hamzahh B.Uno, Nina Lamatenggo; editor: Fatna Yustianti. –Ed. 1, Cet.3. –Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2012

“Ilmu Komunikasi, Proses dan Strategi”. Dr. Hadiono Afdjani, MM, M.Si. –Tangerang: Indigo Media, 2014.

“Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula”. Sherief Salbino S.Kom; penyunting, Herman Budiman. –Jakarta: Kunci Komunikasi, 2014.

Winsen Sanditaria. (2011). Adiksi Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor Sumedang. Diakses dari Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Ejournal/Article/View/901. Pada tanggal 10 september 2015

“Dasardasar Teori Permainan/Game, Pengertian dan macammacam Teori”. Diakses pada 24 september 2015, http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasardasarteoripermainangame.html.

Yee Jin Shin : “Mendidik Anak Di Era Digital” Trans; penerjemah, Adji Annisa; penyunting, Kiki Sulistiyani. –Jakarta: Noura Books, 2014.

Downloads

Published

2020-12-16

Issue

Section

Articles