Mutu Layanan Bimbingan Konseling Tahun Pembelajaran 2023/2024 Di SMK Negeri 2 BanjarBaru

Authors

  • Muhammad Helmi Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia
  • Jarkawi Jarkawi Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia
  • Sri Ayatina Hayati Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia

Abstract

Layanan bimbingan konseling membantu siswa mengatasi masalah pribadi, sosial, dan akademik serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan. Namun, di SMKN 2 Banjarbaru, layanan ini masih lemah akibat kurang optimalnya manajemen, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mutu layanan bimbingan konseling, faktor yang memengaruhinya, hambatan yang dihadapi, serta strategi peningkatan di SMKN 2 Banjarbaru tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan perlunya strategi komprehensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan. Sekolah harus lebih responsif terhadap kebutuhan siswa serta lebih aktif melibatkan mereka dalam proses konseling. Konselor juga rutin mengevaluasi program demi efektivitasnya. Salah satu saran dari siswa adalah memperpanjang durasi sesi konseling individu karena waktu yang tersedia sering kali kurang cukup. Konselor tetap terbuka terhadap umpan balik siswa untuk terus meningkatkan mutu layanan

Kata kunci: Kualitas; Layanan Konseling; Siswa

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Helmi, M., Jarkawi, J., & Hayati, S. A. . (2025). Mutu Layanan Bimbingan Konseling Tahun Pembelajaran 2023/2024 Di SMK Negeri 2 BanjarBaru. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 8(1), 157–167. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/3224

Issue

Section

Artikel